Pilih Mana? Kost, Rumah Bedeng, Atau Kontrak Aja?

Pilih Mana? Kost, Rumah Bedeng, Atau Kontrak Aja?

Lois Official Writer
12656

Tinggal di kota yang jauh dari orangtua memang susah-susah gampang. Ada banyak hal yang harus kita pikirkan agar biaya hidup dapat tercukupi, bahkan sisa pendapatan bisa digunakan untuk biaya hiburan dan juga ditabung. Karena itu, menyiasati dimana kita tinggal juga penting buat pengeluaran. Berikut ini beberapa tempat yang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kost

Di dalam mencari kost, carilah kost-kostan yang menyediakan fasilitas paling lengkap namun dengan harga yang terjangkau. Jika hendak mencari kost, lihatlah apa saja yang disediakan. Biasanya yang disediakan adalah tempat tidur, lemari pakaian, minuman, dan mencuci pakaian. Ada pula yang bahkan menyediakan gas untuk memasak dan juga seprei. Carilah kost-kostan yang lengkap seperti ini. Anda tidak perlu susah mencuci pakaian setelah sibuk seharian bekerja, ataupun mengeluarkan uang tambahan untuk laundry. Anda juga bisa menghemat dengan memasak.

Kost-kostan pun ada banyak jenisnya. Ada yang menggunakan AC dan tidak. Ada yang khusus buat cewek / cowok. Ada yang memberlakukan jam malam. Ada pula kost-kostan yang tidak punya ruang tamu, dapur, dan tempat parkir terbatas. Kost-kostan banyak diminati oleh para pekerja muda.

Kekurangannya : kost-kostan seringkali berisik karena Anda dan rekan yang lain hanya dibatasi oleh dinding yang terkadang hanya terbuat dari tripleks. Pegerakan Anda juga terbatas pada satu ruang itu. Anda juga harus menambah biaya lain jika menggunakan perangkat elektronik yang cukup besar watt-nya.

Rumah Bedeng

Biasanya harga sewa untuk rumah bedeng ini dinilai sangat murah, terutama karena biasanya punya beberapa ruang, yaitu ruang tamu yang biasanya merangkap kamar tidur, ada pula yang kamar tidur sendiri, dan kamar mandi. Rumah bedeng biasanya diminati oleh pasangan muda yang baru menikah.

Kekurangannya Anda harus menyediakan sendiri seluruh perlengkapan rumah tersebut seperti kasur, lemari pakaian, tempat duduk, peralatan memasak, peralatan makan, dan lain sebagainya. Tentu hal ini sedikit menyusahkan saat pindah karena harus mengurus banyak benda besar. Anda juga perlu ingat harus membayar tagihan listrik ataupun air.

Rumah Kontrakan

Rumah kontrakan biasanya disewa oleh profesional muda dengan keluarga kecilnya. Namun, rumah kontrakan juga bisa disewa oleh para lajang secara ramai-ramai sehingga mengurangi biaya sewa per tahunnya. Bahkan bisa jadi lebih murah daripada Anda kost sendiri. Semakin banyak orang yang ikut, tentu semakin murah, namun tentu akan mengurangi kenyamanan Anda. Asyiknya, Anda bisa semakin akrab dan tidak bergerak dalam satu ruangan saja.

Kekurangannya : Sama seperti rumah bedeng, Anda harus membeli sendiri semua alat-alat yang dibutuhkan. Khusus bagi para lajang yang tinggal bersama, diperlukan komunikasi yang baik dan juga koordinasi tentang biaya dan lain sebagainya agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Namun, jika gaji Anda mencukupi, cobalah untuk mencari rumah yang terjangkau kantong Anda. Hal ini sekaligus merupakan investasi di masa depan. Dengan menyicil rumah, keuangan Anda juga bisa terkontrol, tidak habis percuma setiap bulannya.

 

Baca juga :

Pacaran dengan Visi Misi yang Benar

Otak Tiba-Tiba Blank? Atasi dengan Ini

Kalau Jodoh Tak Akan Kemana

Cahaya Dari Timur, Cerita Pesepakbola Asal Maluku

Kontes Foto dan Artikel, Gabung Di Sini

Sumber : jawaban.com by lois ho

Ikuti Kami