Lois

Official Writer
20188


Setelah kita mengetahui bagaimana proses dalam memulai hubungan pacaran yang baik, maka di dalam pacaran tersebut, kita perlu mengetahui apa saja yang perlu kita pelajari sehingga menghasilkan hubungan pacaran yang murni dan sehat, hubungan langgeng yang nantinya akan membawa kita pada suatu pernikahan yang kudus.

Belajar Untuk Mencintai

Sejak kecil, kita menerima cinta dan merasakan dicintai oleh orangtua dan saudara-saudara dalam keluarga. Semakin kita tumbuh besar, kita pun mulai merespon cinta yang kita terima itu dengan tindakan dan perasaan cinta yang sama. Dalam berpacaran, cinta pun perlu dipelajari. Jika pada awalnya cinta yang menerima terjadi dalam hubungan pacaran yaitu cinta eros, maka kembangkan sedikit demi sedikit sehingga menjadi cinta agape, yaitu cinta yang memberi dan tanpa syarat. Cinta ini tidak diberikan hanya kalau pasangan melakukan hal-hal yang sesuai dengan yang kita mau, tapi memberi cinta karena memang kita mengasihi, menerima, dan menghormati pacar kita apa adanya.

Belajar Membedakan Hak dan Kewajiban

Karena sudah menjadi kekasih dan merasa saling memiliki, bukan berarti kita dapat berbuat apa saja dengan pacar kita dan menuntut pacar kita melakukan apapun yang kita inginkan. Kadang-kadang atas nama cinta, kita terjebak dalam hubungan yang saling menuntut dan bukannya saling memberi.

Jika pemuda meminta pacarnya melakukan hubungan badan, itu bukan dalam rangka menuntut haknya (karena hak itu baru ada setelah mereka menjadi suami istri), namun hal itu justru melanggar kewajibannya menjaga kemurnian pacarnya. Jika seorang wanita memanfaatkan pacarnya untuk kesenangan sendiri, misalnya minta diantar kemanapun dia mau, minta dibelikan sesuatu yang mahal, maka semua itu bukanlah haknya.

Hak-hak dalam berpacaran yaitu saling punya waktu bebas untuk diri sendiri, hak untuk tetap menjadi diri sendiri, hak untuk mempunyai hobi masing-masing, dan hak untuk punya waktu khusus bagi Tuhan. Kewajiban dalam pacaran seperti berkewajiban untuk berkomitmen, setia, dan belajar saling mengasihi.

Belajar Menjadi Realistis

Meskipun dalam suasana asmara dan romantisme, pasangan yang berpacaran tetaplah harus realistis. Harus disadari bahwa realitas kehidupan tidaklah selalu manis, romantis, dan berbunga-bunga setiap waktu. Jadi saat berpacaran, jangan hanya melakukan kegiatan yang sifatnya hanya untuk bersenang-senang, tapi mulailah memberikan perhatian kepada orang-orang yang lebih sengsara, bertumbuh bersama saat kesulitan menghimpit.

Belajar Untuk Berjaga-Jaga

Cinta dua manusia dari sudut pandang dunia adalah cinta yang mengumbar kesenangan dan hawa nafsu, kepuasan diri dan kegembiraan sesaat. Jika tidak berjaga-jaga, bisa jadi kita ikut arus dunia dan mulai menerima nilai-nilai yang diajarkan tersebut.

Alih-alih belajar saling mengenal, bertanggung jawab, belajar memberikan komitmen dan kesetiaan, belajar saling berkorban, ataupun belajar mengendalikan diri, malah banyak yang jatuh dalam dosa. (ikori6:15,18)

Pasangan yang longgar dalam pengekangan diri terhadap godaan berhubungan seksual di masa pacaran, jika pada akhirnya berhasil memasuki bahtera rumah tangga, umumnya menjadi lebih rentan terhadap godaan perselingkuhan dan hubungan seksual di luar perkawinan.

Sebaiknya cari kegiatan bersama di tempat ramai dan banyak teman. Carilah kegiatan yang proaktif. Hindarilah tempat yang tersembunyi dan tidak diketahui orang lain. Hindari juga hiburan yang tidak sehat di dalam musik, buku, film yang menyajikan sensualitas.

Beberapa Kegiatan Positif Saat Berpacaran

Ikuti kegiatan pengembangan diri bersama seperti pelatihan kerja atau kursus pengembangan diri

Ke perpustakaan untuk belajar suatu ketrampilan yang bermanfaat

Belajar memasak berdua

Berkebun berdua

Berolahraga bersama

Saling mencoba hobi satu sama lain

Kegiatan dalam lingkup gereja

 

Baca juga :

Cara Ikuti Training Agar Benar-Benar Bermanfaat

Surat Gadis 15 Tahun Untuk Ayahnya

Forum : Tempat Wisata Idaman Jcers

Siasati Keuangan Saat Biaya Hidup Bertambah

Sumber : katolisitas.org by lois ho/jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2