Siasati Keuangan Saat Pengeluaran Bertambah
Sumber: getty images

Entrepreneurship / 9 June 2014

Kalangan Sendiri

Siasati Keuangan Saat Pengeluaran Bertambah

Lois Official Writer
4368

Saat berumah tangga, keterbukaan diperlukan dalam segala hal, termasuk di dalam masalah keuangan. Setelah kunci utama tersebut dipenuhi, baik dari sisi istri ataupun suami, maka langkah selanjutnya menurut Ligwina Poerwo-Hananto, seorang independent financial planner, penghasilan dari suami dan istri harus digabungkan dalam satu rekening, lalu dibagi-bagi dalam tiap pos.

Pengeluaran Keluarga

Ligwina membagi pengeluaran keluarga menjadi empat tahap, yaitu menabung, menyicil utang, keperluan rutin, dan gaya hidup/hiburan.

Saat gaji diterima, pertama hal yang harus dilakukan adalah menabung. Sisihkan 10 sampai 30 persen dari penghasilan untuk ditabung. Besarannya tergantung pada Anda berdua. Menabung membantu Anda menyisihkan jumlah yang sama tiap bulan. Tujuan menabung pun perlu diperhatikan. Misalnya ingin membeli alat elektronik sampai yang sifatnya jangka panjang seperti pendidikan anak. Bentuk menabung bisa bermacam-macam, bukan hanya disimpan di bank saja.

Selanjutnya bayar cicilan utang Anda, lalu pisahkan juga untuk membayar biaya keperluan rutin. Sisanya baru bisa Anda gunakan untuk hiburan / gaya hidup.

Biasakan Mencatat Pengeluaran

Untuk melakukan penghematan, catat setiap pengeluaran bulan Anda seteliti mungkin, sekecil apapun jumlahnya sehingga Anda tahu apa yang bisa / ingin dihilangkan dari pengeluaran tersebut. Bulan depan, berkomitmen untuk tidak mengeluarkan biaya untuk hal yang tidak kita perlukan tersebut.

Misalnya saja, tiap minggu keluarga Anda harus makan dan jalan-jalan ke mall. Anda bisa saja memasak makanan spesial sendiri bersama keluarga, sambil berekreasi di luar rumah. Dengan memasak, tentu biayanya jauh lebih murah dibanding membeli dari luar.

Rajin Menelusuri Diskon

Biasanya peritel berlomba-lomba memberikan diskon untuk menarik pelanggan. Anda perlu mengetahui kebiasaan mereka, kapan memberi diskon, berapa besaran diskon, dan barang-barang apa saja yang didiskon. Menurut penelusuran tim jawaban.com, jika tahu kebiasaan ini, pengeluaran Anda akan berkurang banyak. Bahkan, kadang ada peritel yang bisa memberikan diskon sampai 50% atau bahkan lebih untuk produk tertentu. Namun, jangan pula tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan karena diskon. Karena itu, budgeting pada pengeluaran sangat diperlukan.

Bekerja dari Rumah

Jika memang pengeluaran serta utang-utang Anda lebih besar dari pemasukan yang ada, cobalah untuk bekerja dari rumah, terutama jika Anda ibu rumah tangga. Cari tahu juga pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan.

 

Baca juga :

Cara Ikuti Training Agar Benar-Benar Bermanfaat

Saya Harus Mengejarnya

Forum : Tempat Wisata Idaman Jcers

Sumber : kompas.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami