Virus Herpes Kembali Aktif? Ini Kata Ilmuwan

Virus Herpes Kembali Aktif? Ini Kata Ilmuwan

Lori Official Writer
3791

Banyak orang yang telah terinfeksi herpes atau penyakit ruam kulit yang disebabkan virus dan bersifat menular. Meski penyakit ini dapat disembuhkan, namun sewaktu-waktu dapat kambuh kembali. Adapun pemicu kambuhnya virus itu telah ditemukan oleh penelitian yang diterbitkan oleh Jurnal Leukosit Biologi pada November 2012 silam.

 

Dalam laporan tersebut, para ilmuwan mengatakan bahwa sistem kekebalan tubuh akan kehilangan kontrol atas virus ketika menghadapi ancaman mikroba baru seperti bakteri. Ilmuwan menyebut bahwa dalam kondisi sembuh, virus masih tersisa, mengkristal dan bersembunyi di darah yang dapat bangkit lagi sewaktu-waktu.

 

Seperti diketahui, terdapat dua jenis virus herpes, yakni herpes simplex virus (HSV) tipe-1 yang biasanya menyerang wajah, mata dan tenggorokan. Sedang HSV tipe-2 menginfeksi daerah genital atau kelamin. Virus tipe-2 ini yang dapat kambuh bila terpicu.

 

Berikut tiga penyebab virus herpes dapat aktif kembali menurut hasil penelitian para ilmuwan:

 

Sinar matahari

 

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Sport Medicine menemukan bahwa virus herpes sangat sensitif dengan sinar matahari (UV-B). Untuk itu, Rhoda Ashley Morrow, PhD, ahli virologi dari Children’s Hospital and Regional Medical Center di Seattle menyarankan untuk melakukan pencegahan dengan pemakaian pelindung kulit syang megandung tabir surya.

 

Mencabut gigi

 

Rongga mulut yang mengalami trauma, misalnya pencabutan gigi dan suntik gusi ternyata menjadi salah satu pemicu kambuhnya virus herpes. Hal ini dismapaikan oleh Michael A Siegel, DDS, seorang dokter gigi dari Nova Southeastern University di Ft Lauderdale. Jadi bagi pengidap herpes dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi antivitus saat tengah melakukan pencabutan gigi.

 

Stres

 

Seperti penelitian yang dilakukan di State University Colege of Medicine di Columbus, Ohio bahwa penurunan sistem kekebalan tubuh sangat memudahkan aktifnya virus herpes. Sehingga saat stress menyerang, pengidap herpes kemungkinan besar akan kembali muncul. Untuk mencegahnya, dapat mengkonsumsi anggur merah.

 

Dengan mengetahui pemicu-pemicu kambuhnya virus herpes, maka masyarakat diharapkan dapat melakukan pencegahan sedini mungkin. “Kami berharap dengan memahami bagaimana infeksi virus laten ini kembali aktif, maka masyarakat dapat melakukan pencegahan,” kata Direktur Perawatan Bedah Kritis, State University of Medicine, Ohio, Charles H Cook, MD, FACS, FCCM.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

5 Kesalahan Dalam Menghadapi Perubahan Karir

Christopher & Dana: Hingga Maut Memisahkan Kita

Waspadai Beragam Perubahan Ini Dalam Bisnis

Elizabeth Santosa: KPAI Masih Keteteran Tangani Kasus Anak

Herpes Semakin Parah Bila Konsumsi Ini

Sumber : News-medical.net/Detik.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami