Pilpres, PGI Sebar Tiga Pesan Untuk Umat Kristiani
Sumber: rimanews.com

Internasional / 10 June 2014

Kalangan Sendiri

Pilpres, PGI Sebar Tiga Pesan Untuk Umat Kristiani

Theresia Karo Karo Official Writer
4573

Debat antar dua pasang capres dan cawapres baru berlangsung kemarin, hal ini akan berlangsung setiap minggunya sebelum pilpres. Lewat debat, masyarakat diberikan kesempatan untuk mengetahui komitmen capres dan cawapres dalam menghadapi masalah yang berlangsung di Indonesia.

Presiden adalah pemimpin bangsa, untuk itu Persatuan Gereja Indonesia (PGI) mengimbau tiga pesan moral terkait pilpres pada 9 Juli mendatang. Kali ini PGI berharap agar seluruh umat Kristiani dapat menggunakan hak pilihnya. "Kami mengharapkan agar warga gereja yang tidak menggunakan hak pilihnya dalam pileg, ajaklah kali ini agar bisa memilih, sebab memilih adalah tanggung jawab iman orang percaya.” Pesan tersebut telah ditandatangani oleh Ketua Umum PGI, Pdt. Dr. Andreas Anangguru Yewangoe, dan dibacakan dalam konfrensi pers di Wisma PGI, Jakarta Pusat, hari ini (Senin, 9/6).

Selanjutnya menyangkut politik uang, hal ini paling sering terjadi dalam pemilu, baik itu pileg atau dalam pilpres. Sangat disayangkan bila hak pilih diukur dengan sejumlah uang, karena uang bersifat sementara, tetapi pemimpin akan bertanggung jawab atas bangsa dalam lima tahun kedepan.

PGI mengimbau umat Kristiani dan gereja untuk tidak terlibat dalam politik uang. Lembaga ini juga menegaskan bahwa politik uang adalah perbuatan dosa. Pesan terakhir adalah memilih pemimpin yang berkarakter dan mampu mejalankan mandat sebagai pemimpin. Mengingat dalam Alkitab juga menyatakan pentingnya kepemimpinan dalam sebuah bangsa.

Pemilu bukan hanya sekedar hasil, tetap termasuk juga dengan proses pemaknaan kehidupan berbangsa dan berdemokrasi. Pemilu yang berlangsung dengan baik dan dan berintegritas akan menghasilkan pemimpin yang baik dan berintegritas pula. Pesan moral ini rencanya akan disebarkan ke seluruh gereja yang ada dalam naungan PGI, yakni 88 Sinode gereja, 28 PGI wilayah dan 85 persen dari populasi seluruh umat kristiani di Indonesia.

 

 

Baca juga:

5 Langkah Mudah Memulai Bisnis Penerjemah

Nyapres, Jokowi Digugat Warga Jakarta

J-Lo Absen di Pembukaan Piala Dunia

Makanan Ini Sebaiknya Dimakan Mentah

 



Sumber : Berbagai sumber by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami