Makanan Ini Sebaiknya Dimakan Mentah
Sumber: sharecare.com

Gizi & Nutrisi / 4 June 2014

Kalangan Sendiri

Makanan Ini Sebaiknya Dimakan Mentah

Theresia Karo Karo Official Writer
19018

Makanan mentah langsung dimakan? Kenapa tidak, di Indonesia sendiri sayur untuk lalapan biasanya dimakan mentah. Selain itu masih ada Sushi asal Jepang yang memberikan sensasi makan ikan mentah. Dari dua jenis makanan tadi ternyata masih ada beberapa jenis makanan lain yang lebih baik bila dikonsumsi mentah, agar nutrisinya yang didapat maksimal dan terjaga dibandingkan dengan memasaknya terlebih dahulu.

Kelapa

Lemak sehat yang terkandung di dalamnya, ampuh mengurangi kadar kolesterol tubuh, berperan meningkatkan fungsi otak dan jantung, serta mengandung anti bakteri. Selain buahnya, air kelapa sudah terkenal dengan kandungan elektrolitnya yang membantu menjaga asupan cairan tubuh.

Rumput Laut

Makanan yang satu ini dipercaya sebagai sumber klorofil terbanyak. Kandungan besi, kalsium, dan yodium yang dikandungnya juga bermanfaat untuk tubuh. Rumput laut seperti kelp, nori, wakame dan arame punya nutrisi 10 kali lipat lebih banyak dari rumput atau tanaman yang ada di daratan. Masyarakat timur juga percaya, nutrisi rumput laut dapat meningkatkan fungsi hati dan tiroid.

Tauge

Makanan yang berasal dari kacang hijau dan kedelai ini sebaiknya dimakan dalam keadaan mentah. Hal ini dikarenakan jenis makanan ini sedang dalam proses untuk tumbuh sehingga enzim yang terkandung di dalamnya masih aktif. Kecambah atau tauge ini juga memiliki kandungan klorofil dan phytronutient yang berfungsi sebagai anti oksidan bagi tubuh.

Blueberry

Kandungan anti oksidan yang tinggi buah ini diyakini dangat baik untuk otak dengan kandungan serat yang menyehatkan tubuh.

Sayuran Fermentasi

Salah satunya adalah makanan khas Korea Selatan yakni Kimchi. Sayuran ini menjadi sumber dari berbagai macam enzim dan probiotik yang meningkatkan sistem pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Kacang dan Biji-bijian

Kacang mentah mengandung protein yang lebih tinggi daripada kacang yang sudah digoreng atau dipanggang. Contohnya adalah almond, kacang mede, dan kacang tanah. Biji-bijian seperti kacang panjang, buncis, polong kaya akan protein dan serat, bila ingin mendapat hasil yang maksimal, lebih baik bila dikonsumsi saat mentah dengan mencampurnya dalam salad, pecel atau urap.

 

 

 

Baca juga:

Kakinya Diamputasi Gara-Gara Rokok

Ia Lebih Berharga Dari Pada Permata

Mendengar Nasihat Orang Lain

Cara Mudah Melekatkan Hubungan Dengan Anak

Sumber : Berbagai sumber by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami