Tujuh Gereja Disegel, Badan Kerja Sama Gereja Cianjur Bertindak
Sumber: Tempo.co

Internasional / 2 June 2014

Kalangan Sendiri

Tujuh Gereja Disegel, Badan Kerja Sama Gereja Cianjur Bertindak

Lori Official Writer
6699

Badan Kerjasama  Antar Gereja (BKSAG) Cianjur bertindak tegas atas penyegelan terhadap tujuh gereja di Cianjur oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. Sebanyak 16 perwakilan BKSAG melapor ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

“Kami melaporkan sikap Pemda Kabupaten Cianjur ke Komnas HAM perihal upaya penyegelan tujuh gereja di Cianjur,” terang Ketua BKSAG Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Pendeta Oferlin Hia, seperti dilansir Beritasatu.com, Senin (2/6).

Ia menambahkan, Pemda beralasan bahwa penyegelan dilakukan karena gereja tidak memiliki surat izin mendirikan bangunan (IMB). Padahal, tujuh gereja itu sudah berdiri sejak tahun 1977, jauh sebelum disahkannya Peraturan Bersama. “Tujuh gereja yang ditutup memiliki dasar hukum yang bisa dipertanggungjawabkan, bahkan ada sejak 1977. Kami punya surat dari kemenkumham, Kemenag, Bimas Kristen Jabar, Kecamatan, Kelurahan, Satpol PP, Kesbangpol, surat izin dari warga yang tidak keberatan diadakan ibadah. Semua surat lengkap,” lanjut Oferlin.

Mereka mengaku hak menuntut hak sebagai warga negara, perihal kebebasan beribadah. Adapun gereja-gereja yang ditutup meliputi, Gereja Pentakosta di Indo Ciranjang, Gereja Gerakan Pentakosta Ciranjang, Gereja Kristen Perjanjian Baru, Gereja Gerakan Pentakosta Betlehem, Gereja Betel Indo, Gereja Injil Seutuh internasional, dan Gereja Sidang Jemaat Allah Cianjur. Sejak gereja disegel, jemaat gereja berpindah-pindah rumah ibadah.

Santernya kasus kekerasan berdalil agama belakangan ini, menjadi momok bagi kaum minoritas dalam hal kebebasan beribadah. Pemda selaku bagian dari pemerintah sepatutnya sebagai bagian dari pelaksana tugas dalam menjamin kebebasan beribadah antar umat beragama. Bila intoleransi terus terjadi, maka Pancasila sebagai ideologi bangsa bisa disebut sudah mati suri.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Jemmy Suhadi, Ada Berkat Dibalik Kerusuhan

Dahlan Iskan dan Jokowi-JK Punya Chemistry Kuat

Susunan Lengkap Tim Sukses Jokowi - JK

Ahok Resmi Menjadi Gubernur DKI Jakarta

Sejarah, Anak Muda Pimpin Provinsi Lampung

Sumber : Metrotvnews.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami