KPAI Minta Perlindungan Anak Jadi Tema Debat Capres
Sumber: detik.com

Nasional / 27 May 2014

Kalangan Sendiri

KPAI Minta Perlindungan Anak Jadi Tema Debat Capres

Lori Official Writer
4331

Pemilihan Presiden sudah di depan mata, menjelang hari demokrasi tersebut dua pasangan calon Presiden dan calon wakil Presiden bakal menggelar debat bersama. Dari itu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadikan isu perlindungan anak sebagai tema debat capres.

“Jadi, untuk memastikan agar visi perlindungan anak menajdi salah satu isu dalam pilpres, maka perlu ada pendalaman terhadap visi, misi, program masing-masing capres,” kata Ketua Komisi Perlindungan Anak Indoensia (KPAI) Asrorun Niam Sholeh, seepri dirilis Inilah.com, Selasa (27/5).

Asrorun menilai penting agar Pilpres menjadi momentum untuk mengetahui sejauh mana calon presiden mampu menawarkan solusi atas problematika dan kebijakan negara terkait perlindungan anak di tanah air. Ia juga berharap agar hal ini berguna bagi penerapan kampanye yang ramah anak.

“Ada dua indikasi besar dalam kampanye ramah anak. Pertama, kampanye dilaksanakan dengan cara yang edukatif, mengeksplorasi gagasan yang utuh dan implementatif, memberikan keteladanan bagi anak, jauh dari caci maki dan kebencian yang menodai citra demokrasi,” terang Asrorun.

Permintaan KPAI ini pun disambut baik oleh KPU. Rencananya, KPU bakal menggelar rapat khusus penetapan tema debat capres dan cawapres pada Rabu (28/5) esok hari.  Perlindungan anak diharapkan dapat bersentuhan dengan visi misi masing-masing capres.

Dalam beberapa waktu belakangan ini, Indonesia dikejutkan dengan rentetan kasus pelecehan dan kekerasan anak serta kampanye yang kerap melibatkan anak-anak. Sehingga KPAI memandang penting memanfaatkan momentum Pilpres sebagai wadah edukatif dan pengingat tentang pentingnya menegakkan perlindungan terhadap anak.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Jokowi Disebut Herbertus, Inikah Kampanye Hitam?

Didukung FPMM, Prabowo: Setengah Darah Saya Indonesia Timur

Berkat Solusi Aku Tidak Jadi Bunuh Diri

Paus Fransiskus Serukan Perlindungan Umat Katolik Palestina

Ayah Membuatku Benci Laki-laki

Sumber : Inilah.com/Beritasatu.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami