Paus Fransiskus Serukan Perlindungan Umat Katolik Palestina
Sumber: Cnn.com

Internasional / 26 May 2014

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus Serukan Perlindungan Umat Katolik Palestina

Lori Official Writer
5431

Paus Fransiskus menyerukan perlindungan terhadap umat Katolik Palestina kepada Presiden Mahmoud Abbas saat kesempatan misa yang digelar di Gereja Nativity (kelahiran Yesus, red) di Betlehem pada Minggu, 25 Mei 2014. Ia menyebut  Abbas agar umat Katolik Palestina dilindungi di tanah suci kelahiran Yesus, Betlehem.

Vatikan mengaku prihatin dengan banyaknya orang Kristen Palestina yang mengungsi akibat konflik Israel-Palestina. Banyak diantaranya kehilangan hak-haknya, hidup terisolasi, miskin dan menderita. “Bahkan tanpa adanya kekerasan, iklim ketidakstabilan dan kurangnya saling pengertian telah menghasilkan ketidakamanan, pelanggaran hak-hak, isolasi dan pengasingan masyarakat, konflik, segala macam penderitaan dan kekurangan,” kata Paus Fransiskus, seperti dirilis CNN, Minggu (25/5).

Sesaat sebelum menggelar misa, Paus disambut oleh ribuan umat Katolik di Bundaran Manger. Ia pun disambut dengan iringan lagu religi serta kibaran warna warni bendera Palestina dan Vatikan. Paus bahkan berjabat tangan dengan orang-orang di tengah kerumunan.

Paus juga menyempatkan diri berkunjung ke tembok pemisah yang didirikan Israel, tampak beragam grafiti tergambar di sana termasuk kata-kata ‘Free Palestine!”. Ia menyentuh dinding beton, menundukkan kepala dan berdoa sesaat waktu. Tak hanya itu, Paus juga turut serta melepaskan doa untuk beragam kondisi di kota itu.

Kunjungan pemimpin gereja Katolik ke Timur Tengah merupakan kali pertama. Ia bertolak dari Yordania ke Betlehem, di Tepi Barat pada Minggu, 25 Mei. Sedang hari ini tengah berkunjung ke Israel dan ziarah ke Jerusalem.   


Baca Juga Artikel Lainnya:

Paus Fransiskus Serukan Perdamaian Israel-Palestina

Remaja Ini Samakan Seksual dengan Lem

Usai Kemo, Darlene Zschech Kembali Melayani

Ahli AIDS Dipecat Saat Bilang Seks Gay Berbahaya

Berkat Solusi Aku Tidak Jadi Bunuh Diri

Sumber : CNN/Jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami