Bahayanya Merokok Bagi Kesehatan

Bahayanya Merokok Bagi Kesehatan

Lori Official Writer
3735

Kebiasaan merokok diketahui dapat menimbulkan penyakit beragam dalam tubuh bahkan dapat mengakibatkan kematian. Untuk diketahui, asap tembakau mengandung lebih dari 4000 bahan kimia yang merupakan zat berbahaya, diantaranya tar, nikotin, karbon monoksida, benzene, formaldehida dan hydrogen sianida.

Menurut data, lebih dari 60 juta penduduk Indonesia adalah perokok aktif. Jumlah ini terus bertambah dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah perokok aktif ketiga tertinggi di dunia setelah China dan India.

Namun tanpa disadari, tidak ada pengguna tembakau yang lolos dari risiko gangguan kesehatan, termasuk perokok pasif yang hanya ikut mengirup asap tembakau. Rokok yang dihirup setiap harinya akan terus menimbun zat-zat berbahaya dalam tubuh hingga lambat laun meracuni organ tubuh.

Mengkonsumsi tembakau jelas berdampak menimbulkan beragam penyakit seperti jantung koroner, sesak napas, kanker paru-paru, kanker mulut dan tenggorokan, kanker ginjal, kerusakan gigi, osteoporosis, penyakit gusi, impotensi, stroke, dan sebagainya.

Meski mengkonsumsi tembakau cukup berbahaya,  namun kekhawatiran masih tetap meningkat seiring peningkatan penikmat rokok yang kian menjerat anak, remaja dan wanita di Indonesia. Salah satu hal yang menimbulkan peningkatan dampak ini adalah iklan rokok di surat kabar, majalah, televisi, radio bahkan di poster-poster di sepanjang jalan.

Fakta ini mendorong Komisi Nasional Perlindungan Anak andil dalam mendukung pelarangan iklan dan promosi rokok kepada masyarakat. “Menurut penelitian yang dilakukan Komisi Nasional Perlindungan Anak pada 2007, menunjukkan 70 persen remaja merokok karena pengaruh iklan. Karena itu iklan, promosi, sponsor, dan CSR rokok harus dilarang,” ujar Ketua KNPA Arist Merdeka Sirait.

Mencintai diri dimulai dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari beragam kebiasaan yang lambat laun menimbulkan beragam penyakit dalam tubuh. Bagi Anda yang masih terikat dengan rokok, ingatlah bahwa disetiap batang rokok terdapat ratusan zat-zat berbahaya yang mengancam kesehatan Anda.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Usir Nikotin Dengan Makanan Dan Minuman Ini

Waspadalah Mengkonsumsi Obat Peninggi Badan!

Sebut Putin Mirip Hitler, Pangeran Charles Hadapi Pro-Kontra

Ia Lebih Berharga Dari Pada Permata.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami