Usir Nikotin Dengan Makanan Dan Minuman Ini
Sumber: Antaranews.com

Gizi & Nutrisi / 21 May 2014

Kalangan Sendiri

Usir Nikotin Dengan Makanan Dan Minuman Ini

Theresia Karo Karo Official Writer
8488

Asap rokok dapat bertahan di udara selama beberapa jam. Paparannya dapat menempel di rambut, pakaian dan karpet atau sofa. Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukkan adanya peningkatan jumlah perokok usia 15-19 tahun, dari 7,1 persen pada tahun 1995 menjadi 18,3 persen pada tahun 2013.

Bahayanya bukan hanya mengintai perokok aktif, bahkan perokok pasif yang cenderung adalah anak-anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 43 juta anak Indonesia atau sekitar 6 dari 10 anak usia sekolah tinggal serumah dengan perokok dan ikut menghirup racun dari asapnya.

Salah satu zat berbahaya yang terdapat dalam rokok adalah nikotin. Konsentrasi nikotin dapat menimbulkan gangguan jantung dan paru. Menurut penelitian, perokok pasif bahkan 3 kali lebih banyak menimbun jumlah nikotin daripada perokok aktif. Bagi anda yang sering terpapar asap rokok, lebih baik memperbanyak asupan makanan yang mengandung Vitamin A,C dan E, seperti berikut:

1# Sayuran hijau

Bayam dengan daun yang berwarna hijau gelap, kaya akan vitamin dan asam folat. Selain itu ada brokoli dengan sumber vitamin C dan B5. Merokok dapat mengurangi kandungan vitamin C dari dalam tubuh. Sayuran ini baik untuk membantu menetralisir konsentrasi nikotin dalam tubuh.

2# Jeruk

Buah jeruk kita kenal sebagai sumber vitamin C, diperlukan agar anda dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

3# Jus Wortel

Wortel kaya akan vitamin A, C, K, dan B yang efektif melawan nikotin juga baik untuk kulit kusam akibat paparan asap rokok. 

4# Kiwi

Buah yang kaya Vitamin A, C, dan E ini juga berperan penting dalam mengurangi kadar nikotin dalam tubuh.

5# Buah Beri

Stroberi efektif dalam mengeluarkan racun-racun berbahaya dalam tubuh.

6# Air Mineral

Satu yang tidak ketinggalan dan sangat penting adalah air minum. Nikotin yang masuk ke tubuh bisa memicu dehidrasi, untuk itu jaga asupan air minum yang cukup setiap harinya.

 

 

Baca juga :

Daripada Tabungan Bersama Untuk Menikah, Lebih Baik Lakukan Ini

Recharge Your Soul : Keajaiban Cinta

FreedomPop Buat Telepon Pintar Anti Penyadapan

Tersenyumlah Jika Ingin Sehat

Tips Punya Keuangan Lebih Oke Meskipun Freelance

Jika Jatuh Cinta Pada Suami Orang

 

 


 

Sumber : Detik/Viva.co.id by Theresia Karo
Halaman :
1

Ikuti Kami