M.Nuh Ingkar Janji Perihal Jokowi

M.Nuh Ingkar Janji Perihal Jokowi

Budhi Marpaung Official Writer
2278

Anggota Dewan Perwakilan Pusat (DPR) dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Deddy ‘Miing’ Gumelar, kecewa dengan kembali masuknya Joko Widodo ke dalam soal Ujian Nasional. Jika sebelumnya, ada di soal UN SMA, kini nama Gubernur DKI Jakarta tersebut muncul di dalam soal UN SMP mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Miing pun menyebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh telah mengingkari janji yang pernah dibuat dan diungkapkan kepada media yakni ia memastikan nama Jokowi tidak bakal ada di dalam soal UN SMP.

“Bayangkan, mereka (pejabat Kemdikbud) termasuk wamen dan menterinya berbicara panjang lebar kepada media. Memastikan pelaksanaan UN berjalan baik, nama Jokowi tak ada lagi, tapi kenapa fakta di lapangan bertolak belakang,” tutur Miing seperti dikutip JPNN, Selasa (6/5).

Miing mengaku bahkan sekarang jadi meragukan penyelidikan yang dilakukan kemdikbud terkait dengan kemunculan nama Jokowi di soal UN SMA.

“Belum selesai Kemdikbud memberikan penjelasan mengenai nama Jokowi dalam soal UN SMA, kini Kemdikbud malah bikin masalah baru lagi. Harusnya siapa yang membuat soal kan bisa ditelusuri dengan mudah. Tinggal dia menjelaskan kenapa memilih Jokowi”, jelasnya.

Meski tidak mewakili pernyataan resmi Mendikbud, tetapi Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat M. Wahyudin Zarkasy mengatakan bahwa soal yang berkaitan Jokowi telah diganti dua sebelum pelaksanaan UN SMP. Namun, perubahan itu tidak berlaku pada soal yang menggunakan huruf Braille, karena mengingat waktu perubahan yang tidak mencukupi untuk melakukannya.

Janji merupakan sesuatu yang harus ditepati oleh siapapun yang mengutarakannya. Suka atau tidak, menepati setengah-setengah sebenarnya sama saja dengan mengingkarinya. Jadi, sebelum mengucapkannya, alangkah lebih baik kita berpikir benar-benar terlebih dahulu.

 

Baca juga:

Mendikbud Tidak Tahu Ada Jokowi di Soal UN Bahasa Indonesia

4 Pelajaran Penting Dari Kisah Jalan Ke Emaus

My God / Kau Terhebat

Kopi Darat Forum JC 3 Mei 2014

Sumber : jpnn.com, tempo.co / budhianto marpaung

Ikuti Kami