Terlalu Mirip Australia, Bendera Selandia Baru Akan Diganti

Nasional / 11 March 2014

Kalangan Sendiri

Terlalu Mirip Australia, Bendera Selandia Baru Akan Diganti

Yenny Kartika Official Writer
6033

Karena dianggap terlalu menyerupai bendera Australia, Selandia Baru akan mengubah bendera negaranya. Meski demikian, perdebatan mengenai perlu tidaknya bendera diganti masih terjadi dan akan diselesaikan melalui pemungutan suara.

Bendera Selandia Baru memiliki latar biru dengan lambang Union Jack khas Inggris dan rasi bintang Southern Cross berwarna merah. Bendera Australia terlihat persis sama dengan Selandia Baru; hanya saja rasi bintangnya berwarna putih. Banyak yang menilai bendera ini tidak mencerminkan kemerdekaan Selandia Baru dari penjajahnya yang dahulu, Inggris.

Dalam pidatonya pada Selasa (11/3) Perdana Menteri Selandia Baru John Key mengeluarkan rencana sebuah referendum mengenai perlu tidaknya mengubah bendera nasional. Selama tiga tahun ke depan, warganegara Selandia Baru akan diikutkan dalam pemungutan suara terkait hal ini.

Key punya ide untuk mengganti desain bendera yang sekarang dengan latar hitam dan gambar daun pakis berwarna perak. Namun, ada yang berpendapat kalau rancangan tersebut akan terlihat seperti bendera tim olahraga atau bendera bajak laut.

Bendera berasal dari bahasa Portugis ‘bandeira’ yang artinya, sepotong kain untuk wahana menggambarkan simbol sebuah negara. Terdapat makna, harga diri, dan status negara yang tersurat dalam sebuah bendera. Karena itu, pemilihan desainnya hendaklah dipikirkan dengan secermat mungkin.

 

BACA JUGA:

Hal Baik Datang pada Mereka yang Berdoa!

Dialah Anak yang Tak Kuinginkan Kelahirannya

FPI: Umat Nasrani, Silakan Katakan Kalau Islam Itu Salah

Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Anda Tertawa

Keliru, Kalau Orang Kristen Pikir Tuhan Hanya Milik Mereka

Cintailah Pasangan Anda Meski Ia Tak Sempurna

Sumber : Associated Press/Washington Post/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami