Langkah Mengatur Keuangan Bagi Pasangan Baru Menikah

Langkah Mengatur Keuangan Bagi Pasangan Baru Menikah

Yenny Kartika Official Writer
4952

Banyak pengalaman baru yang dirasakan seseorang saat dia menjelma dari lajang menjadi menikah. Salah satu pengalaman baru tersebut adalah mengatur keuangan. Perencanaan pengaturan keuangan yang baik merupakan salah satu kunci pernikahan yang sukses. Untuk itu, setiap pasangan suami-istri, terutama yang baru menikah, sebaiknya memperhatikan langkah-langkah berikut demi menggapai pernikahan yang semakin kuat.

 

#1 Bicarakan dengan pasangan sesegera mungkin bagaimana model manajemen finansial yang akan diterapkan dalam pernikahan Anda. Tidak semua pasangan harus menggunakan rekening bersama/campur. Cara terbaik adalah duduk bersama dan bicarakan masing-masing gaya berbelanja dan gaya menabung yang dilakoni Anda dan pasangan. Kiranya pembicaraan ini bisa menentukan bagaimana kalian akan mengatur keuangan.

 

#2 Buat anggaran belanja bulanan supaya Anda dan pasangan saling tahu berapa besar pendapatan dan pengeluaran setiap bulan. Setelah kalian mengeposkan uang untuk semua pengeluaran, tabungan, dan investasi, sepakati bagaimana kalian membagi uang sisa untuk pengeluaran tak terduga.

 

#3 Buat sebuah rekening bersama jika Anda dan pasangan memiliki pola pikir yang sama dalam hal menabung dan berbelanja, dan jika kalian memang ingin menaruh semua uang untuk dikelola bersama. Rekening ini akan kalian pakai untuk membayar cicilan rumah, kredit mobil, tagihan kartu kredit, dan tagihan listrik. Pengeluaran sepanjang satu bulan seperti makanan, pakaian, rekreasi, dan keperluan mendadak juga diambil dari rekening ini.

 

#4 Buat rekening terpisah jika Anda ingin membiarkan sejumlah uang Anda terpisah dari pasangan. Beberapa pasangan biasanya membuat 3 rekening, yakni satu rekening bersama dan dua rekening masing-masing. Masing-masing istri atau suami menaruh sejumlah uang yang besarnya telah ditentukan sebelumnya ke dalam rekening bersama pada selang waktu tertentu. Rekening bersama ini dipakai membayar pengeluaran yang sudah fixed (tetap) seperti cicilan rumah, kredit mobil, dan cicilan lainnya. Kalian juga bisa memakai rekening bersama tersebut untuk biaya BBM, sembako, tagihan listrik, dsb. Selebihnya, kebutuhan rekreasi, pakaian, dan biaya tak terduga diambil dari rekening masing-masing.

 

BACA JUGA:

Keliru, Kalau Orang Kristen Pikir Tuhan Hanya Milik Mereka

Berita Foto: Seminar dan Bedah Buku "Mengapa Kristen Ditolak?"

Nus Reimas: Islam dan Kristen Bagaikan Kompetisi Sepakbola

Yerry Pattinasarani's Life Was Ruined Due To Drugs

Superbook Hadir di RCTI Mulai 5 April 2014

Sumber : The Nest \ yk
Halaman :
1

Ikuti Kami