Penyakit yang Bisa Menular Lewat Ciuman

Penyakit yang Bisa Menular Lewat Ciuman

Lois Official Writer
10033

Ciuman yang sehat dapat memberikan manfaat seperti meredakan stress, membantu membakar kalori dalam tubuh, dan memberikan rasa nyaman. Namun bila dilakukan saat kondisi tubuh sedang tidak baik, ungkapan kasih sayang ini malah dapat menularkan penyakit. Hal ini dikarenakan virus dan bakteri yang ada di dalam air liur. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menular lewat ciuman, yaitu :

Flu dan Pilek

Seperti yang kita ketahui secara umum, jangankan berciuman, saat seseorang bersin tanpa menutupnya pun kita akan rawan terkena virus flu dan pilek tersebut. Karena memang flu dan pilek terinfeksi karena cairan dan lendir yang terdapat pada hidung dan tenggorokan.

Glandular Fever atau Kissing Disease

Penyakit ini disebarkan oleh virus Epstein-Barr dan Cytomegalovirus (CMV) dimana tersebar melalui cairan tubuh seperti air liur, lendir, atau air mata. Namun paling banyak tersebar melalui ciuman sehingga disebut kissing disease. Makan dengan menggunakan sendok dan garpu yang sama pun dapat menyebarkan penyakit ini. Salah satu contoh penyakit ini adalah bakteri Streptococcus yang dapat menyebabkan berbagai infeksi termasuk penyakit gusi dan sakit tenggorokan.

Herpes

Virus herpes di antaranya yaitu Epstein-Barr, varicella-zoster (penyebab cacar air), dan herpes simplex (penyebab cold sores). Herpes paling mudah menyebar saat lesi terbentuk atau telah meletus. Virus ini bisa menyebar ke orang lain dari lesi tersebut bahkan ketika herpes itu telah sembuh. Cacar air sendiri mudah menyebar dari orang ke orang melalui kontak langsung, tetesan air liur ataupun penyebaran udara.

Hepatitis B

Penyakit ini juga dapat ditularkan lewat air liur, meskipun darah memiliki tingkat virus yang lebih tinggi. Infeksi dapat terjadi ketika darah ataupun air liurnya bersentuhan langsung dengan aliran darah atau selaput lendir orang lain. Seseorang lebih mudah terluka saat berciuman jika mereka berdua memiliki luka terbuka di sekitar mulut. Karena itu, bagi penderita hepatitis disarankan untuk tidak mendonorkan darahnya terlebih dahulu sampai sembuh.

Kutil

Kutil di dalam mulut pun dapat menyebar melalui ciuman, terutama jika daerah tersebut pernah terluka baru-baru ini.

Penyakit Meningokokus

Penyakit ini berpotensi mengancam jiwa seperti meningitis, radang selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang, dan septicemia. Bakteri penyakit ini dapat ditularkan baik melalui kontak langsung ataupun tetesan air liur.

Karena itu, sangat penting untuk dimengerti terlebih dahulu bahwa Anda perlu mengetahui kondisi kesehatan pasangan Anda. Penyakit-penyakit ini tentu perlu diperhatikan dan diobati. Namun, tentunya hal itu tidak menghalangi rasa cinta. Yang penting adalah tetap menjaga kesehatan masing-masing.

 

Baca juga :

Sebelum Menyesal, Ini Untungnya Tetap Perawan

Cara Agar Usus Sehat Selalu

Ulasan Lengkap Spesifikasi Samsung Galaxy S5

Kebaikan Supir Angkot yang Mencerahkan Hari Anda

The Right One, Saat Bertemu di Waktu yang Tepat Pula

Sumber : detik.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami