Cara Agar Usus Sehat Selalu
Sumber: duniafitnes.com

Solusi Sehat / 24 February 2014

Kalangan Sendiri

Cara Agar Usus Sehat Selalu

Lois Official Writer
6323

Kesehatan tubuh tentu harus kita jaga, begitu juga salah satu bagiannya yaitu usus. Selain mengalami usus buntu, salah satu bakteri di usus juga dapat meningkatkan resiko diabetes, asma, bahkan depresi. Daripada penyakit merajai tubuh kita, bagaimana jika kita tahu caranya agar usus dapat selalu sehat, seperti yang diungkap oleh foxnews berikut ini :

Makan Asupan Prebiotik

Jaga kesehatan usus dengan makan makanan dengan kandungan prebiotik yang tinggi seperti bawang, bawang putih, dan daun bawang. Anda bisa menambahkan makanan tersebut ke dalam menu harian Anda.

Menghirup Udara Segar

Untuk mendapatkan udara segar, buka jendela rumah dan biarkan angin mensterilisasi ruang yang kotor. Agar lebih baik lagi, tumbuhkan tanaman hijau di sekeliling rumah Anda agar asri.

Masak Sayuran Al Dente (Matang Tapi Tidak Terlalu Matang)

Makan sayuran yang tidak terlalu matang namun sudah dikatakan matang ini sangat berperan menjaga usus besar dalam tubuh.

Diversifikasi Menu Makanan

Buatlah menu yang beraneka ragam di dalam menu utama makanan Anda. Anda bisa tambahkan salad misalnya. Hal ini bisa membantu menjaga kesehatan usus besar dari serangan bakteri.

Cuci Tangan Bersih-Bersih

Tangan yang kotor dengan mikroorganisme, misalnya sehabis bertanam, haruslah dibilas dengan air sabun dan dicuci bersih.

Tidak Menahan Kotoran yang Hendak Keluar

Karena kurang minum air putih, bisa jadi frekuensi BAB berkurang. Hal ini membuat makanan yang jadi sampah tersebut, mampet di usus besar. Akhirnya kotoran tersebut naik dan masuk ke usus buntu. Hal ini dapat membuat infeksi sehingga timbullah gejala usus buntu. Jadi sangat penting menjaga agar kotoran dalam tubuh dibuang setiap hari. Jika sembelit, maka segeralah cari jalan keluarnya.

Perhatikan hal-hal di atas untuk menjaga kebersihan tubuh secara keseluruhan. Setiap anggota tubuh saling terkait satu sama lain, karena itu jagalah setiap anggota bagian tubuh dan hiduplah dengan sehat.

 

Baca juga :

Apakah Dia Tipe Pengatur? Ini Cirinya

Polusi Udara Bisa Sebabkan Usus Buntu

Pengguna Android Harus Waspadai Malware di PlayStore

Ini Petunjuk Anggaran Untuk Oleh-Oleh

Sumber : okezone.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami