Lima Peristiwa yang Terjadi Pasca Gunung Kelud Meletus
Sumber: Blogspot.com

Nasional / 14 February 2014

Kalangan Sendiri

Lima Peristiwa yang Terjadi Pasca Gunung Kelud Meletus

Budhi Marpaung Official Writer
12869

Gunung Kelud yang berlokasi di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, akhirnya meletus pada Kamis (13/2/2014) malam. Menurut Sekretaris PMI Kabupaten Malang, peristiwa itu terjadi satu hari setelah Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) meningkatkan status Gunung Kelud dari waspada ke siaga.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan,   Jawaban.Com berhasil mendapati lima hal yang terjadi pasca Gunung Kelud meletus:

1. Ratusan Ribu Warga Mengungsi

Lebih dari 100.000 orang warga sekitar Gunung Kelud tercatat telah mengungsi. Menurut keterangan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, para pengungsi ini berasal dari berbagai wilayah, antara lain Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Kabupaten Tulungagung, dan Kabupaten Malang.

"Jumlah pengungsi akibat letusan Gunung Kelud pada Jumat pukul 06.00 WIB berjumlah 100.248 orang di 172 titik," ujar Sutopo melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (14/2/2014)

2. Aktivitas Belajar Mengajar di DIY Libur

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY menginstruksikan agar pada Jumat (14/2) semua kegiatan belajar mengajar di semua sekolah diliburkan. Hal tersebut dikarenakan kondisi DIY yang ikut tertutup abu vulkanik akibat letusan Gunung Kelud Kamis (13/2) malam.

3. Bandar Udara di Solo dan Semarang Ditutup Sementara

Pihak berotoritas di Bandar Udara (Bandara) Internasional Adi Sumarmo Solo dan Bandara Ahmad Yani Semarang memutuskan menutup sementara jalur penerbangan. Jika Bandara Adi Soemarmo ditutup karena landasan pacu ditutupi abu, pihak berwenang di Bandara Ahmad Yani melakukannya karena menilai sebaran abu vulkanik Gunung Kelud dapat mengganggu kinerja mesin pesawat. Bila pesawat dipaksakan berjalan maka keselamatan penumpang dapat terancam.

4. Anak Kost di Yogyakarta Kelaparan

Hujan abu dan material vulkanik Gunung Kelud tidak hanya melanda Kabupaten Kediri, Jawa Timur, tetapi juga terbawa angin hingga ke Yogyakarta. Hal itu pun praktis membuat perekenomian di Yogyakarta terhenti. Tidak adanya warung makan yang buka membuat para anak kost yang sebagian besar adalah mahasiswa terpaksa menahan lapar.

5. Presiden SBY Adakan Rapat Terbatas

Begitu mengetahui Gunung Kelud meletus, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono segera mengadakan rapat terbatas pada Jumat (14/2/2014) pagi tadi. "Agenda pertemuan kami pagi ini adalah kegiatan tanggap darurat yang mesti kita lakukan menyusul terjadinya letusan Gunung Kelud tadi malam," ujar SBY.

 

Dari keterangan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi, Sumber Daya Alam, dan Mineral, letusan Gunung Kelud pada tahun ini lebih dahsyat dibandingkan tahun 1990 lalu.  


Baca juga :

Gunung Kelud Akhirnya Meletus Juga

Kisah Nyata Cinta Sejati yang Diterpa Cobaan

3 Cara Agar Cinta dan Seks Jalan Beriringan

Redam Amarah Dengan Minum Air Putih

Join IMAGO Festival 2014  

Sumber : berbagai sumber / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami