Shirley Temple Dalam Kenangan, Dari Artis Cilik Hingga Jadi Diplomat
Sumber: CNN

Nasional / 12 February 2014

Kalangan Sendiri

Shirley Temple Dalam Kenangan, Dari Artis Cilik Hingga Jadi Diplomat

Puji Astuti Official Writer
9755

Bisa dikatakan Shirley Temple lahir dengan anugrah dan bakat yang luar biasa, namanya melejit di tahun 1930-an karena aktingnya. Dirinya mulai tampil di film di usia 3 tahun dan tanpa diduga menjadi box-office.

Shirley Tempel lahir dengan nama Shirley Jane Temple. Ia dikenal karena wajah imut, senyum manis dengan lesung pipit yang menggemaskan dan rambut ikalnya. Penampilannya memikat hati masyarakat Amerika yang saat itu sedang dalam masa resesi atau "Great Depression."

Selama 18 tahun Shirley berkarir di dunia entertaiment bahkan menjadi artis termuda yang menyabet Oscar saat ia berumur 6 tahun. Karirnya mulai meredup saat ia memasuki usia remaja, yang kemudia membutnya memutuskan pensiun di usia 22 tahun. Sempat gagal dengan pernikahan pertamanya, Shirley kemudian menikah kembali dengan Charles Black. Sejak itu ia merubah namanya menjadi Shirley Temple Black. Setelah itu Shirley memulai karirnya di dunia diplomat, dia melayani negaranya dengan menjadi delegasi untuk PBB dari tahun 1969 hingga 1974, dan menjadi duta besar Amerika untuk Ghana tahun 1974 hingga 1976 dan untuk Chekoslowakia di tahun 1989 hingga 1992.

Shirley Temple Black meninggal dunia secara alamiah pada di usia 85 tahun pada Senin malam (10/2) di kediamannya di dekat San Fransisco, Amerika. Mantan Presiden Amerika George H.W Bush yang menunjuk Shirley sebagai Duta Besar Chekoslowakia mengungkapkan bahwa ia dan istrinya "berduka atas meninggalnya ikon Amerika" tersebut.

"Dia memikat perhatian jutaan orang dari seluruh dunia karena penampilannya yang menawan di layar perak sebagai gadis muda, tetapi saya juga mengagumi Shirley untuk pelayanan tanpa pamrih yang diberikannya kepada negara kita selama hidupnya," demikian pernyataan Bush yang dibacakan oleh juru bicaranya.

Shirley Temple Black adalah salah satu sosok artis yang berhasil baik dalam dunia entertaiment dan juga politik. Ia dikenang bukan hanya sebagai sosok anak kecil yang menggemaskan, namun juga negarawan yang memberikan kontribusi bagi bangsa. Akankah muncul tokoh-tokoh serupa dengan Shirley Temple Black ini di Indonesia ini?

Baca juga artikel lainnya :

Saat Cornelia Agatha Tegur Artis Nyaleg

5 Model Seksi Indonesia yang Jadi Wakil Rakyat

Wasekjen PKB Soroti Caleg Seronok

PGI: Jangan Pilih Caleg Berdasarkan Agama!

Yosi 'Project Pop' Bersyukur Menjadi Host Obat Malam

Sumber : CNN | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami