Gunung Kelud Akan Erupsi, Warga Siap Mengungsi
Sumber: Blogspot.com

Nasional / 12 February 2014

Kalangan Sendiri

Gunung Kelud Akan Erupsi, Warga Siap Mengungsi

Budhi Marpaung Official Writer
4522

Tanda-tanda Gunung Kelud akan erupsi semakin tampak dalam satu-dua hari terakhir. Paling teranyar adalah turunnya sejumlah binatang hutan dari kawasan lereng gunung.

"Dua ekor Kijang beriringan turun dari hutan wilayah Desa Sempu. Banyak warga yang melihat," ujar Siti Rohimah, warga Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Selasa (11/2/2013).

Bagi warga sekitar Gunung Kelud, kemunculan hewan-hewan hutan itu menjadi tanda bahwa gunung sedang dalam kritis. Siti Rohimah menegaskan bahwa ia dan para penduduk desa yang lain sudah siap meninggalkan sementara desanya apabila Gunung Kelud akhirnya meledak.

"100 persen warga di sini siap mengungsi jika memang Kelud meletus. Para warga percaya bila letusan kali ini bisa lebih hebat dari sebelumnya (2007)," sambung Siti Rohimah.

Terkait dengan persiapan penanggulangan bencana jika gunung yang berada di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, ini benar erupsi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Adi Laksono mengatakan pihaknya kini sudah menyiapkan dua tim medis. “Satu tim standby di pos, satu tim lagi sebagai tim reaksi cepat yang berada di garis evakuasi," ujar Adi.

Adi pun sangat yakin sumber daya yang ada cukup dalam menghadapi kemungkinan terburuk.

 

Baca juga :

Susul Sinabung, Status Gunung Kelud 'Waspada'

Piala Dunia 2014 : Profil Timnas Italia

Cinta itu Memaafkan

Kopdar Perdana Seru Awal 2014

Join IMAGO Festival 2014   


Sumber : sindonews.com, kompas.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami