10 Fakta Mencengangkan Seputar Kerja Otak (2)

Info Sehat / 9 February 2014

Kalangan Sendiri

10 Fakta Mencengangkan Seputar Kerja Otak (2)

Lori Official Writer
4877

Bila sebelumnya fakta tentang kerja otak yang cukup mencengangkan sudah disajikan, kini sejumlah fakta lain seputar otak akan kembali diuraikan. Di bawah ini terdapat lima hal yang patut Anda pahami untuk mengenal kerja otak Anda.

6. Sikap introvert dan ekstrovert timbul dari jaringan otak yang berbeda

Penelitian menemukan bahwa introvert dan ekstrovert terjadi dengan proses yang berbeda dalam otak. Perbedaan keduanya terletak dari proses rangsangan dan karakter seseorang. Rangsangan yang datang ke dalam otak diproses secara berbeda tergantung pada personaliti atau karakter. Seperti bagi para ekstrovert, jalannya terbilang lebih pendek, dimana rangsangan langsung ke pusat sensor untuk merasa, menyentuh, berimajinasi dan bersuara. Sementara bagi orang introvert, rangsangan berjalan lewat jalur yang cukup sulit di dalam area otak yang dihubungkan dengan mengingat, merencanakan dan menyelesaikan masalah.    

7. Otak lebih terangsang pada orang yang berbuat salah

Percaya atau tidak, banyak diantara kita yang lebih menyukai orang yang mengulang kesalahan dibanding dengan mereka yang tidak. Teori ini diuji oleh Psikolog Elliot Aronson. Dalam tes ini, para peserta diminta untuk mendengar jawaban dari orang yang menjawab kuis. Hasilnya bahwa, mereka yang tidak pernah salah dianggap kurang menyenangkan daripada mereka yang melakukan kesalahan. Dalam hal ini, otak lebih terangsang untuk memberi dukungan bagi orang-orang yang melakukan kesalahan daripada yang tidak sama sekali.

8. Meditasi dapat menyengarkan otak

Dalam proses meditasi ini mereka yang melakukannya dinilai dapat lebih fokus dan tenang. Sementara fungsi lainnya dapat membantu otak untuk lebih rileks. Saat meditasi, koneksi saraf melemah sehingga memberi ruang bagi otak untuk melepaskan ketegangan sehingga hal ini bermanfaat pula untuk meningkatkan kreatifitas dan daya ingat otak.

9. Olahraga dapat mengatur ulang otak dan meningkatkan kemauan

Seperti yang diketahui bahwa olahraga sangat baik bagi tubuh, namun tahukah Anda kebiasaan baik ini juga sangat baik bagi otak? Tak hanya sehat, olahraga juga dapat meningkatkan daya kognitif dan kebahagiaan hidup. Misalnya ketika stress, otak menjadi target utama yang pertama kali diserang. Jadi saat hal itu terjadi, berolahragalah untuk melepaskan tekanan dalam pikiran Anda.

10. Ketika melakukan hal baru, otak akan lebih lambat berfikir

Ketika otak menerima informasi baru, ada kalanya hal itu tidak disusun secara berurutan. Sehingga otak perlu menata ulangnya dalam bentuk yang kita mengerti. Dalam proses ini, otak tentu akan lebih lambat untuk mencerna dan menyita waktu yang panjang.

Otak menjadi unsur tubuh yang paling penting bagi manusia, dimana otak menjadi pusat berpikir dan mengkoneksikan rangsangan dari sistem saraf kepada berbagai bentuk gerak. Dengan itu, penting bagi bagi Anda untuk lebih memperhatikan kesehatan otak, baik dengan memenuhi asupan gizi dan juga memperhatikan aktifitas Anda sehari-hari. Selamat menjaga kesehatan Anda.

 


Baca Juga Artikel Lainnya:

10 Fakta Mencengangkan Seputar Kerja Otak (1)

Pentingnya Waktu Tidur Bagi Kesehatan

Tips Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

9 Bahaya Ini Mengintai Jika Anda Terlalu Banyak Tidur


Sumber : Huffingtonpost.com/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami