10 Fakta Mencengangkan Seputar Kerja Otak (1)

Info Sehat / 2 February 2014

Kalangan Sendiri

10 Fakta Mencengangkan Seputar Kerja Otak (1)

Lori Official Writer
6201

Otak merupakan pusat yang mengatur sistem kerja tubuh manusia. Sama seperti tubuh, otak pun memiliki batas kemampuan dalam bekerja dari waktu ke waktu. Namun hebatnya, tanpa disadari otak mampu menghasilkan banyak hal menakjubkan, seperti proses kerja dan fungsinya yang beraneka ragam. 

Berikut 10 fakta mencengangkan seputar kerja otak seperti dikutip dari Huffingtonpost.

1. Saat lelah, otak lebih bekerja kreatif

Penelitian menemukan bahwa pekerjaan kreatif sangat mendorong otak yang tengah lelah untuk bekerja lebih baik. Alasannya, bahwa ide-ide kreatif acapkali muncul saat tengah mandi setelah seharian bekerja. Jadi, otak lelah itu dapat saja menjadi sebuah keuntungan sebab mampu memberi ide-ide kreatif.

2. Stres dapat mengubah ukuran otak

Tampaknya Anda harus tahu, bahwa stress menjadi sumber penyebab dari perubahan fungsi otak. Sebuah penelitian terhadap tikus stres berat, membuktikan bahwa stres membuat otak menyusut sehingga ukuran otak akan semakin kecil.

3. Otak mustahil melakukan multitasking

Ternyata, sebagian orang yang mengaku dapat melakukan lebih dari satu pekerjaan dalam waktu yang bersamaan atau multitasking mustahil dapat dilakukan oleh otak. Bukannya semakin mempercepat pekerjaan, pengaruhnya malah hanya akan memperlambat kerja dan meningkatkan kesalahan sebesar 50 persen.

4. Tidur siang dapat meningkatkan kinerja otak

Tidur memang sangat penting bagi otak. Meski tak lazim namun tidur siang diakui sangat bermanfaat untuk meningkatkan memori otak, me-refresh kembali otak dan meningkatkan daya ingat. Penelitian membuktikan bahwa sata tidur siang, otak kanan akan bekerja untuk membersihkan penyimpanan memori jangka pendek dan menyimpan memori jangka panjang.

5. Imajinasi otak yang paling utama dari semua indra

Imajinasi otak menjadi indra yang paling diutamakan dibandingkan dengan indra lainnya. Demikian pula dengan mengingat suatu informasi, dimana 10 persennya hanya dapat diingat, sementara ketika dibubuhi gambar, maka daya ingat akan bertambah sebanyak 65 persen.

 


Baca Juga Artikel Lainnya:

Survei: Membaca Tingkatkan Kemampuan Otak

Bahaya Stres Bagi Otak

Jangan Biarkan Otak Rusak karena Kerja Berlebihan!

Ternyata Pilihan Kata Dapat Ubah Fungsi Otak

Anak Diare, Jangan Anggap Remeh!

Pisang, Obat Ampuh Untuk Diare

Sumber : Huffingtonpost.com/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami