PBB Desak Vatikan Tangani Pelecehan Anak

PBB Desak Vatikan Tangani Pelecehan Anak

Lori Official Writer
3392

Komite Hak Anak PBB mendesak Vatikan untuk segera menangani kasus pelecehan seksual terhadap anak yang dilakukan oleh imam gereja Katolik. PBB meminta agar Vatikan menyerahkan pelaku yang terlibat kepada polisi.

“Sebaiknya Vatikan mencopot pejabat yang diduga melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak dari jabatan yang mereka pegang sekarang,” sebut Komite Hak Anak PBB, seperti dilansir Jpnn.com, Kamis (6/2).

Kristen Sandberg, pemimpin komite sangat menyayangkan bahwa tekad yang disampaikan oleh Vatikan untuk tidak menolerir pelaku pelecehan seksual, tidak terjadi secara nyata. Vatikan dinilai abai terhadap kasus pelecehan anak, lantaran hanya mengutamakan reputasi gereja.

Kecaman keras ini pun diterima pihak Vatikan pada Rabu (5/2). Komentator Vatikan Paolo Flores D’Arcais menuturkan, bahwa PBB memiliki hak untuk berbicara sangat keras. Vatikan memang telah mengambil beberapa langkah maju, tapi sebagian besar hanya berupa simbolik yang tanpa tindakan.

Kasus pelecehan seksual memang telah mendera Vatikan selama satu dekade terakhir ini.Secara data, Vatikan telah menerima sekitar 600 klaim terhadap keterlibatan imam gereja setiap tahunnya.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Saat Cornelia Agatha Tegur Artis Nyaleg

Jamin Ibas Tak Korupsi, Ruhut Sumpah Potong Leher

GMKI Desak Status Sinabung Jadi Bencana Nasional

Haji Lulung Minta Ahok Mundur

Susul Sinabung, Status Gunung Kelud 'Waspada'

Terima Kasih Solusi, Aku Dapat Menjadi Mitra CBN

Sumber : Jpnn.com/Beritasatu.com/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami