Pentingnya Waktu Tidur Bagi Kesehatan

Pentingnya Waktu Tidur Bagi Kesehatan

Lori Official Writer
5384

Tidur menjadi kebutuhan primer bagi tubuh sebab berperan penting dalam sistem imun, metabolisme, memori serta berpengaruh pada aktifitas organ tubuh lainnya. Maka pola dan kebiasaan tidur larut malam menjadi daftar perusak tidur yang sangat buruk.

Sebelum melangkah untuk mengabaikan tidur, Anda seharusnya terlebih dulu tahu betapa pentingnya waktu tidur untuk sejenak mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Anjuran tidur dari 7-8 jam per hari akan mampu mengembalikan kondisi tubuh menjadi segar dan sehat.

Penelitian juga menemukan betapa eratnya hubungan tidur yang cukup dengan umur panjang. Penelitian ini membuktikan bahwa sekitar 1.865 pria dan wanita yang memiliki pola tidur yang buruk, berakibat pada pola makan yang buruk serta menurunnya kualitas hidup. Tak mustahil bila tingkat kematian menjadi sangat tinggi.

“Kurang tidur dikaitkan dengan morbiditas (red: tingkat yang sakit dan sehat dalam satu populasi) dan mortalitas (red:angka kematian), termasuk peningkatan penyakit obesitas, diabetes dan penyakit jantung,” kata Mark Wahlqvist, seorang peneliti dari Universitas Monash, Australia. 

Sebanyak 70 juta orang Amerika diperkirakan menderita masalah kronis tidur mulai dari insomnia, narkolepsi, sleep apnea, restless legs syndrome (RLS), parasomnia, REM behavior disorder (RBD) dan gangguan tidur lainnya. Jadi, perlu mengetahui beberapa poin seputar tidur bagi kesehatan di bawah ini.

- The National Institute of Health mengatakan bahwa orang dewasa membutuhkan antara 7-9 jam tidur setiap hari untuk menjamin kesehatan tubuh yang lebih baik.

- Bagi pekerja shift malam, dianjurkan untuk langsung tidur setelah pulang kerja. Saat tidur, upayakan cahaya lampu tidak terlalu terang dan hindari penggunaan lampu bercahaya biru, sebab akan menyebabkan Anda semakin terjaga.

- Biarkan cahaya matahari di pagi hari masuk ke dalam kamar. Sebab cahaya matahari dapat membantu menjaga tidur Anda di pagi hari.

- Kondisi kamar tidur yang gelap, tenang dan sejuk akan sangat mudah menghantar tidur. Namun senyaman apapun itu, bila setiap malam Anda harus ditemani oleh minuman berkafein, alkohol dan stres maka waktu tidur tentunya akan tetap terganggu.

Untuk diketahui, bahwa tidur yang baik itu sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit, menurunkan berat badan, meningkatkan memori serta mampu memperpanjang usia. Masihkah Anda menerapkan pola tidur yang tidak baik hingga saat ini?


Baca Juga Artikel Lainnya:

Survei: Membaca Tingkatkan Kemampuan Otak

10 Fakta Mencengangkan Seputar Kerja Otak (1)

7 Kebiasaan yang Merusak Otak

Terima Kasih Solusi, Aku Dapat Menjadi Mitra CBN

Sumber : Huffingtonpost.com/Menshealth.co.id/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami