Cara Sukses Buka Kios Buku Bekas

Cara Sukses Buka Kios Buku Bekas

Lori Official Writer
7674

Kios buku bekas akan kita temui berderet panjang dekat dengan perguruan tinggi negeri maupun swasta. Seperti halnya kios buku bekas yang terletak di pinggiran kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, yang diakui telah berjasa menyumbang ilmu bagi para mahasiswa.

Laris tidaknya kios buku bekas, tergantung pada ragam buku yang disediakan dan berkualitas tidaknya buku tersebut. Sehingga tak sedikit dari penikmat buku bekas merasa puas lantaran menemukan buku yang bermutu dan bermanfaat. Jadi untuk sukses berbisnis kios buku bekas, jangan lupa untuk terlebih dahulu mencermati beberapa poin berikut:

Memilih lokasi yang strategis

Kios buku bekas, toko loakan atau disebut barang second memang akan selalu mengundang perhatian para pembaca buku. Berbisnis buku bekas ini akan lebih berkembang bila dekat dengan lembaga pendidikan, seperti sekolah, kampus atau pusat kota yang khusus dijadikan sebagai toko barang bekas. Lokasi yang strategis akan membantu penikmat buku bekas untuk berkunjung.

Jeli dengan minat penikmat buku

Mampu menyediakan kebutuhan konsumen adalah kunci sukses dari berbisnis, sehingga pedagang buku perlu melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui jenis buku yang banyak dicari dan bagaimana kualitas buku.

Koleksi buku-buku limited edition

Ini sangat penting, sebab buku dengan edisi terbatas akan sangat banyak dicari oleh peminat buku. Banyak juga buku bekas yang dijual di toko atau kios buku bekas sudah tak ditemukan lagi di toko buku biasa. Mungkin saja karena tidak terbit lagi atau sudah tinggal nama.

Amati kondisi buku

Berburu buku bekas memang tidak mudah. Beragam kondisi seperti rusak, tercoret-coret, sampul terkelupas dan sebagainya harus diterima. Dari itu, mulailah dengan tahap penyortiran buku dengan memisahkan buku-buku berdasarkan kondisi dan isinya. Untuk buku yang tidak bagus, segera diperbaiki kembali sehingga tetap diminati oleh pembeli.

Jual secara online

Sembari menjual secara langsung, manfaatkanlah internet untuk berbisnis. Biasanya, mahasiswa akan banyak mencari buku-buku bekas yang sulit untuk dicari. Untuk itu toko buku  online akan cukup membantu mereka dan menjadi ajang untuk menawarkan toko buku anda.

Selain dapat meraup penghasilan lewat buku bekas, kios-kios buku bekas ini berperan penting bagi para pecinta buku maupun pendidik untuk terus menikmati buku dan meningkatkan minat baca.


Baca Juga Artikel Lainnya:

4 Sumber Tambahan Pendapatan Bulanan

Empat Dagangan yang Laku Keras di Musim Hujan

Langkah-Langkah Buka Bisnis Buku

Irene Holle, Wanita Sukses Berdayakan Sampah jadi Kompos

Ahok: Saya Sikat Semua Rumah di Bantaran Sungai!

Berkat Dukungan Doa CBN, Anakku Bisa Melanjutkan Kuliah


Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami