Banjir Melanda, Hewan Sekitar Berpotensi Tularkan Penyakit

Banjir Melanda, Hewan Sekitar Berpotensi Tularkan Penyakit

Lois Official Writer
3032

Saat banjir melanda, hewan di sekitar Anda berpotensi menularkan penyakit, terutama jika hewan itu terinfeksi. Salah satu penyakit yang bisa menjangkiti manusia yaitu leptospirosis, dimana penyakit ini ditularkan oleh hewan yang berkeliaran di sekitar manusia, yang disebabkan oleh serotype dan bakteri spirochete dengan leptospira interrogans.

Cara infeksinya terjadi ketika kulit manusia rusak atau selaput lendir yang terkena air atau tanah telah terkontaminasi dengan urin dari hewan yang terinfeksi. Hewan yang teinfeksi itu khususnya tikus-tikus yang banyak berkeliaran. Bisa juga dari orang ke orang terutama yang terserang penyakit ini. Selain dari luka, infeksi juga dapat terjadi saat kita menelan air / makanan yang terkontaminasi, bisa juga diakibatkan air infeksi tersebut masuk melalui mata.

Cara bekerja infeksi. Setelah berada di dalam tubuh, bakteri tersebut bergerak melalui sistem peredaran darah dan menginfeksi semua jaringan dan kemudian menetap di ginjal dan di dalam urin selama berminggu-minggu.

Gejalanya yaitu demam, sakit kuning, kulit mengalami pendarahan, menggigil, nyeri otot, sakit perut, dan diare.

Pencegahannya dapat dilakukan dengan mengenakan pakaian pelindung untuk menghindari kulit terluka, menghindari dampak dari hewan yang mati dan cairan tubuh hewan tersebut. Bila Anda terluka, segera cuci dan bersihkan luka. Segeralah mandi dan melakukan desinfeksi pada daerah yang terluka itu.

Cara pengobatan bagi yang sudah terkena biasanya dengan antibiotic seperti penisilin, doksisiklin, amoxycline, eritmisi, dan ceftriaxone. Untuk kasus yang sudah parah, segera ditangani dengan dosis tinggi obat intraven penisilin. Namun lebih baik segera ke dokter.

Banjir memang menimbulkan banyak penyakit karena air yang tidak bersih mencemarkan kesehatan tubuh kita. Karena itu, memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar dan tubuh sangat penting dilakukan.

 

Baca juga :

Berbagai Soto Berdasarkan Nama Isinya

Kisah Hidup Slank yang Nggak Ada Matinya

Persiapan Mental Anak yang Orangtuanya Menikah Lagi

Arti Sebuah Isyarat

Langkah-Langkah Buat Bisnis Buku

Sumber : liputan6.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami