Yenny Kartika

Official Writer
4874


Suka buku dan tulis-menulis? Jangan hanya menjadi konsumen yang suka membaca hasil karya orang, sebaliknya jadikan kecintaan Anda akan dunia buku sebagai landasan membuka bisnis kreatif. Selain tetap dekat dengan dunia bacaan, Anda akan mendapat pemasukan tambahan. Lantas ide bisnis apa saja yang berhubungan dengan dunia buku? Yuk, intip beberapa di antaranya!

 

Sewakan buku ke tempat-tempat yang membutuhkan

Banyak koleksi buku atau majalah yang sudah tidak Anda baca lagi? Anda bisa menyewakannya ke kedai kopi, salon, tempat cuci mobil/motor. Para pengunjung tempat tersebut bisa menikmati bacaan Anda selagi menunggu. Supaya ada variasi, Anda bisa merotasi bacaan-bacaan tersebut dari satu tempat ke tempat lain.

 

Usaha penerbitan majalah

Membuat sebuah majalah merupakan hal yang mengasyikkan bagi mereka yang hobi membaca. Pilihlah topik yang hendak Anda fokuskan, misalnya kesehatan hewan, mendidik dan membesarkan anak, atau peternakan. Belakangan ini banyak majalah independen yang diterbitkan dengan biaya kecil dan biasanya disponsori oleh perusahaan lokal. Jika majalah buatan Anda bermutu dan beda dari yang lain, banyak pembaca yang akan mencarinya.

 

Pendongeng yang seru

Profesi ini cocok untuk Anda yang hobi bercerita. Jika selama ini cerita seru Anda hanya didengar oleh adik, anak, atau keponakan, saatnya Anda melebarkan sayap menjadi pendongeng profesional yang diundang ke acara ulang tahun. Membawakan cerita dengan karakter suara unik adalah modal utama Anda. Anda bisa juga bercerita sambil memainkan boneka (puppet show).

 

Pencetakan buku personal

Anak-anak selalu bahagia membayangkan diri mereka menjadi aktor atau bintang dalam cerita yang mereka baca. Oleh karena itu, Anda bisa membuat bisnis buku personal, yakni buku cerita yang tokohnya berisi nama anak-anak. Bahkan ilustrasi karakter pun bisa diganti dengan wajah sang anak. Hasil karya ini bisa Anda jual melalui pesta ulang tahun, pameran seni, atau bazaar sekolah. Anda bisa bekerjasama dengan percetakan murah atau, dengan teknologi printing yang semakin murah di zaman sekarang, Anda bisa mencetaknya sendiri.

 

Layanan komunitas berdasarkan buku

Anda bisa mempersatukan orang berdasarkan genre buku atau pengarang yang mereka sukai. Anda bisa memulai layanan ini dari jejaring sosial media. Selain mempertemukan sejumlah orang dan membentuk komunitas, Anda juga bisa menjadikan layanan ini sebagai ajang cari jodoh. Siapa tahu ada pria dan wanita yang memiliki kesukaan buku yang sama dan akhirnya menjadi pasangan yang serasi.

 

Dengan bisnis kreatif di bidang buku tersebut, Anda bisa berkontribusi dalam penyebaran bacaan yang bermutu bagi orang-orang di sekeliling Anda. Dengan begini, Anda membuat wawasan masyarakat kian bertambah, karena buku adalah jendela dunia.

 

BACA JUGA:

Langkah-langkah Buka Bisnis Buku

Murid Ini Dibungkam Karena Presentasikan Isi Alkitab

Not A Fan: Bukan Seorang Penggemar

Piala Dunia 2014: Profil Timnas Jerman

True Story of Maida and His Bond with Black Magic

Ini Alasannya Kenapa Orang Suka 'Selfie'

VIDEO: Agar Mendekat pada Tuhan, Jemaat Disuruh Makan Rumput

Sumber : Berbagai sumber/yk


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

advertise with us


7255

Banner Mitra Juni Week 1-2