Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lois

Official Writer
34619


Selain mencerdaskan para konsumen, bisnis buku juga sangat menguntungkan. Buku menjadi barang yang terus menerus diburu oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Konsumsi buku juga tidak dibatasi oleh faktor usia, jenis kelamin, suku, dan sebagainya. Karena itu, bisnis ini punya peluang yang besar.

Ada 2 cara memasarkan buku dan barang dagangan lainnya secara umum, yaitu :

offline (dengan mendirikan toko)

online (melalui website)

Langkah-Langkah Hukum

Berdasarkan Pasal 1 angka 9 dan angka 10 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 tentang Buku, maka toko buku termasuk ke dalam distributor eceran / pengecer sehingga tidak perlu mendirikan usaha dagang UD). Dengan kata lain, toko buku dapat dijalankan oleh orang perseorangan, sekelompok orang, ataupun badan hukum.

Namun jika ingin mendirikan badan usaha dalam bentuk badan hukum, sebaiknya dirikan Perseoran Terbatas (PT). Hal ini bertujuan jika suatu hari ingin mengikuti tender pengadaan buku, penyelenggara tender biasanya mensyarakatkan harus berbadan hukum.

Berkaitan dengan penyetoran pajak atas hasil penjualan buku biasanya berkaitan dengan royalty buku tersebut. Namun, penjualan atas setiap buku yang dilakukan tetap dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Terkecuali untuk buku-buku pelajaran umum, buku pelajaran agama, dan kitab suci yang berasal dari pengadaan impor ataupun penyerahan dalam negeri.

Langkah-Langkah Persiapan

-Berapa modal yang diperlukan, sangat bergantung pada cara memasarkannya apakah online atau offline ataukah keduanya serta berapa banyak buku yang Anda sediakan atau apakah Anda bekerja sama dengan pihak lain agar tidak mengeluarkan modal untuk melakukan stock buku. Jika membuka toko dan mau merekrut karyawan, hal ini juga perlu diperhitungkan. Jika modal minim, ada baiknya memulai usaha dengan online terlebih dahulu.

-Temukan relasi di penerbit-penerbit yang ada dalam jangkauan Anda

-Adakan survei dan pengamatan di lapangan mengenai buku-buku yang laris di pasaran (misalnya dengan berkeliling di toko-toko buku lainnya yang lebih besar atau melihat di internet buku apa yang paling banyak dicari) dan sediakanlah buku-buku tersebut.

Langkah-Langkah Realisasi

-Pertimbangkan buku apa saja yang akan Anda jual dengan berdasarkan keadaan keuangan, ukuran toko jika ada, besarnya modal, dalamnya pengetahuan Anda terhadap dunia perbukuan dan sebagainya.

-Kedepankan hal-hal unik yang ditawarkan oleh toko buku Anda. Pelajari dan amati bagaimana para pesaing menjalankan usaha toko buku mereka.

-Dapatkan buku secara langsung dengan cara menghubungi penerbit atau mengambil buku di agen atau distributor. Dengan begitu, Anda mendapatkan potongan harga yang lebih besar, khususnya jika bisa pesan langsung ke penerbit. Repotnya, Anda harus menghubungi penerbit satu per satu dan biasanya Anda diwajibkan membeli dalam partai besar. Jika Anda menghubungi agen, Anda bisa menemukan banyak judul dan kategori buku tapi peluang untuk mendapatkan potongan harga yang besar juga tipis.

-Tentukan cara yang sesuai bagi Anda dalam memperoleh buku yang akan dijual. Anda bisa memilih cara konsinyasi (titip jual), kredit dalam jangka waktu tertentu, atau pembayaran langsung alias tunai.

-Lakukan evaluasi arus kas dalam jangka waktu harian atau mingguan

Langkah-Langkah Pemasaran

-Bangun hubungan bisnis dengan penerbit

-Berikan kartu nama untuk pembeli atau relasi bisnis

-Ikut serta dalam event-event pendidikan atau pameran buku

-Memberikan potongan harga bagi pelanggan yang bersedia membeli dalam jumlah besar.

-Cetak dan pasang spanduk, selebaran, dan semacamnya.

-Berusaha mengikuti informasi terbaru mengenai buku perbukuan, tren yang berkembang, buku-buku yang menjadi best seller, dan sebagainya

-Pasarkan juga melalui internet

Berani mengambil resiko dan pintar memasarkan dagangan Anda tentu akan berpengaruh pada pendapatan Anda. Jadi, jika ingin berbisnis di bidang perbukuan, galilah ilmu sedalam mungkin dalam bidang tersebut dan berusahalah.

 

Baca juga :

Arti Sebuah Isyarat

Takaran ASI Untuk Bayi

4 Kriteria Utama Ideal Istri di Mata Suami

Jaga Tubuh Saat Cuaca Ekstrem Melanda

Tarzan, Keberanian dan Cinta di Hutan Rimba

Berbagai Soto Berdasarkan Nama Isinya

Sumber : ciputraentrepeneurship.com-hukumonline.com by lois ho/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

dian nugroho 20 October 2019 - 22:26:17

Selam

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer

isooy channel 19 October 2019 - 15:40:46

apa perbedaan join di ownerkedasbeauty sama di pro.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7270

Banner Mitra Oktober Week 3