Jaga Tubuh Saat Cuaca Ekstrem Melanda
Sumber: okezone.com

Fit & Charming / 17 January 2014

Kalangan Sendiri

Jaga Tubuh Saat Cuaca Ekstrem Melanda

Lois Official Writer
4582

Cuaca yang sangat panas atau dingin dapat menyebabkan manusia kehilangan keseimbangan baik dalam hal kesehatan, beraktivitas, maupun kebutuhan lainnya. Untuk menyiasati hal itu, kita perlu tahu terlebih dahulu penyakit apa yang dibawa serta suhu yang ekstrem ini.

Suhu Panas Ekstrem

Penyakit yang patut diwaspadai yaitu demam berdarah (dengue fever), serangan jantung, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan cacar air.

Pencegahan yang bisa dilakukan yaitu dengan menjaga daya tahan tubuh, juga jaga lingkungan khususnya tempat tinggal dan tempat yang paling sering kita kunjungi. Kuraslah bak mandi / penampungan air sekali seminggu, membuang sampah-sampah di sekitar rumah, dan berolahraga. Biasanya untuk cacar air, telah dilakukan imun di masa masih bayi usia 12 bulan, namun imunisasi juga dianjurkan bagi orang di atas usia 12 tahun yang tidak memiliki kekebalan.

Suhu Dingin Ekstrem

Penyakit yang biasanya menyerang saat musim dingin ekstrem yaitu depresi, serangan jantung, stroke, gangguan kesehatan musiman seperti terlalu banyak tidur, influenza, kolesterol tinggi, dan penyakit kulit seperti luka memerah dan kulit bersisik.

Pencegahannya sama seperti di atas, yaitu dengan menjaga daya tahan tubuh. Cara paling mudah menjaga daya tahan tubuh adalah dengan berolahraga. Jika punya alat olahraga di rumah, maka jika cuaca dingin ekstrem di luar rumah melanda, Anda tetap dapat berolahraga. Selain itu, mungkin Anda dapat mengkonsumsi wine paling banyak satu cangkir sehari.

Perawatan Secara Umum

-Baik cuaca ekstremnya panas ataupun dingin, gunakan pelembap yang mengandung AHA, vitamin C, dan vitamin E. Khusus cuaca panas, tambahkan tabir surya. Oleskan minimal 2x sehari, terutama sehabis mencuci muka atau mandi.

-Lebih baik mandi dengan waktu singkat menggunakan air dingin setiap hari, karena menggunakan air hangat akan membuat kulit kering dan mudah iritasi.

-Gunakan minyak zaitun dan lakukan pijatan pada kulit wajah atau tubuh. Selain menstimulasi minyak untuk berproduksi, hal ini juga berguna untuk melancarkan sirkulasi darah.

Jaga daya tahan tubuh dan lingkungan yang sehat, akan membuat kita sehat dan dapat beraktivitas dengan normal. Jika hendak keluar ruangan saat suhu ekstrem melanda, jangan lupa mengenakan perlengkapan yang sepantasnya.

 

Baca juga :

Mata Air Ajaib

Testimoni : Tuhan Memulihkan Rumah Tangga Kami

Forum : Kesaksian "Semua Baik"

Trik Buka Usaha Penyewaan Mainan Anak

Berbagai Jenis Soto di Indonesia (2)

Edensor, Kisah Cinta dan Mimpi Ikal di Negeri Orang

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami