Hal Apa yang Terjadi Saat Cuaca Dingin Ekstrem?
Sumber: tempo.co

Nasional / 15 January 2014

Kalangan Sendiri

Hal Apa yang Terjadi Saat Cuaca Dingin Ekstrem?

Lois Official Writer
5000

Akibat cuaca dingin ekstrim yang melanda kawasan Amerika Utara, maka cukup banyak orang yang meninggal dunia. Kanada dan Amerika Serikat adalah dua negara paling parah yang terkena imbas akibat pergeseran pusaran angin dingin dari Kutub Utara yang dikenal sebagai polar vortex itu. Suhu dingin hingga puluhan derajat celcius di bawah nol itu juga punya keunikan tersendiri, yaitu :

Lidah Menempel di Tiang Besi

Panas dalam lidah akan terserap saat ditempelkan ke benda yang lebih dingin. Saat panas terserap, tubuh akan bekerja menghangatkan bagian lidah yang mendingin. Namun logam beku punya konduktivitas panas tinggi. Artinya, logam beku menyerap panas di lidah lebih cepat dibandingkan kemampuan tubuh mengembalikan panas di area lidah. Karena itulah, lidah bisa membeku dan membuatnya menempel di logam.

Air Panas Membeku Seketika

Molukel udara dingin sangat rapat. Ketika air panas dilemparkan ke udara ekstrim dingin yang kering, tidak ada tempat tersisa untuk molekul uap air. Uap air pun mengendap dengan mengikat partikel mikropis di udara, seperti sodium atau kalsium, dan membentuk kristal es. Namun, hal ini dapat terjadi saat suhu lebih rendah dari minus 34 derajat Celsius.

Ban Kendaraan Bisa Kempes

Pada suhu ekstrem, udara dingin di dalam ban berkontraksi sehingga menyebabkan penurunan tekanan udara. Ban akan kehilangan tekanan 1psi tiap terjadi penurunan udara sebesar 12 derajat Celsius. Bagian ban yang bersentuhan dengan aspal akan menciut meski sisi atas terlihat baik-baik saja. Kondisi ini biasanya pulih sendiri setelah ban menghangat saat kendaraan meluncur. Namun, ban kempes sulit pulih saat suhu udara di bawah minus 34 derajat Celsius.

Gempa Es

Saat suhu udara turun drastis di bawah nol derajat Celsius dalam tempo cepat, maka es mengembang dan pecah sehingga menimbulkan suara keras. Fenomena yang dikenal sebagai cryoseism ini efeknya bersifat lokal dan tidak berbahaya. Gempa ini eberapa kali terjadi di Kanada pada musim dingin, di wilayah timur laut dan tengah bagian barat Amerika Serikat serta Alaska.

Katak Pohon Membeku dan Mati Sementara

Katak pohon di wilayah Amerika Utara bisa nyaris beku total dalam suhu udara ekstrem dingin. Sebagai hewan berdarah dingin, temperatur tubuh katak itupun ikut turun saat suhu sekitar anjlok. Untuk mencegahnya mati membeku, hati katak mengubah senyawa glikogen menjadi glukosa yang dialirkan dalam darah. Katak lantas berhibernasi meski tubuhnya membeku. Jantung katak kembali berdetak dan aktif seperti semula saat suhu udara berangsur menghangat.

Gelembung Sabun Membeku

Saat suhu turun hingga minus 11 derajat Celsius, gelembung sabun akan ikut membeku bahkan saat melayang di udara. Pada gelembung yang utuh tapi beku tersebut akan terlihat cetakan motif kristal atau pola seperti cangkang telur retak namun gelembung ini tak tahan lama.

Saat cuaca dingin ekstrem terjadi, aktivitas manusia jadi terganggu bahkan sampai ada yang harus kehilangan nyawanya. Jadi bagi mereka yang mengalaminya, harap berhati-hati.

 

Baca juga :

Mata Air Ajaib

Testimoni : Tuhan Memulihkan Rumah Tangga Kami

Forum : Kesaksian "Semua Baik"

Trik Buka Usaha Penyewaan Mainan Anak

Berbagai Jenis Soto di Indonesia (2)

Edensor, Kisah Cinta dan Mimpi Ikal di Negeri Orang

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami