Kebutuhan Nutrisi Bagi Penderita Kusta/Lepra

Kebutuhan Nutrisi Bagi Penderita Kusta/Lepra

Puji Astuti Official Writer
14497

Apakah Anda tahu tentang penyakit lepra atau kusta? Pada jaman dulu biasanya penderitanya langsung diasingkan, karena penyakit ini menular dan juga si penderita dilebeli sebagai orang yang mengalami kutukan. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae ini memang menakutkan, karena penderita akan mengalami kerusakan pada tubuh mereka seperti kulit yang mengelupas dan mati rasa.

Bakteri Mycobacterium leprae membuat kerusakan permanen pada kulit, saraf, tangan, kaki dan bahkan mata yang menyebabkan kebutaan. Untungnya saat ini penyakit ini sudah bisa diobati dimana salah satunya melalui antibiotik, maka penderita kusta atau lepra tidak perlu diasingkan.

Mereka yang mengalami penyakit ini biasanya mereka yang berada di bawah garis kemiskinan, salah satu penyebabnya adalah kekurangan nutrisi yang menyebabkan kekebalan tubuh  rentan dan mudah tertular penyakit. Karena penderita penyakit ini yang diserang adalah kulit dan juga antibodi, maka mereka yang mengalami penyakit ini perlu menjaga kualitas asupannya. Berikut adalah diet yang disarankan untuk penderita kusta :

- Makanan peningkat kekebalan tubuh. Buah-buahan dengan vitamin C tinggi masuk dalam daftar makanan ini karena meningkatkan daya tahan tubuh dan mampu mengatasi bakteri yang masuk dalam tubuh. Buah seperti jambu, jeruk, kiwi, stobery dan pepaya dapat menjadi pilihan.

- Makanan laut mengandung mineral penting seperti zinc dan kalsium, contohnya kerang, ikan sarden dan salmon. Selain makanan laut, mineral ini bisa didapat pada bubuk coklat, biji semangka, biji wijen, tahu dan kacang almond.

- Vitamin untuk kulit dan tulang seperti vitamin D dan E. Selain  mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari, juga bisa didapat dari makanan seperti jamur, ikan makarel, tuna dan juga minyak ikan cod. Untuk vitamin E, bisa didapat dari biji-bijian seperti kacang, benih mustard, pepaya, asparagus dan lain-lainnya.

Penderita kusta atau lepra sangat membutuhkan dukungan dari keluarga dan juga lingkungannya. Selain harus melawan stigma, masa pengobatan juga menjadi waktu-waktu yang berat bagi mereka karena pengobatan akan memberi efek samping seperti kerontokan rambut, rasa nyeri dan lainnya. Dukungan bagi mereka akan sangat berarti untuk mendukung kesembuhan.

Baca juga artikel lainnya :

Nuah Tarigan, Perjuangan Panjang Memandirikan Penderita Kusta

Iman Kesembuhan Vs Iman Keselamatan

Inilah Para Penderita Kusta di China yang Masih Tersisa

Ibadah Online Nge-trend, Jemaat Kini Tak Perlu Ke Gereja

Billy Simpson Hadir Di Solusi Life

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami