Ibadah Online Nge-trend, Jemaat Kini Tak Perlu Ke Gereja

Nasional / 5 January 2014

Kalangan Sendiri

Ibadah Online Nge-trend, Jemaat Kini Tak Perlu Ke Gereja

Yenny Kartika Official Writer
15189

Setiap kali Natal tiba, gereja mengalami peningkatan jumlah pengunjung, baik jemaat setia maupun pendatang yang hanya beribadah pada momen-momen tertentu. Namun di Amerika Serikat, Natal 2013 lalu juga membuat media sosial internet membludak dipenuhi beragam khotbah dan paduan suara Natal.

Lebih dari 500 gereja di AS menayangkan khotbah online Natal 2013 via internet. Sementara itu, ratusan gereja lainnya mem-posting foto-foto baptis dan ayat-ayat Alkitab melalui Instagram dan Pinterest.

Melalui khotbah online, gereja-gereja ingin menarik minat jemaat yang sudah pindah atau jemaat yang ingin beribadah di luar jadwal tetap. Gereja juga hendak menjangkau orang-orang yang mungkin segan hadir ke gereja untuk alasan-alasan tertentu.

Salah satu gereja tersebut adalah Gereja Liquid, New Jersey, yang menayangkan perjamuan kudus secara virtual. Saat pengunjung sudah log on ke website, pendeta akan meminta mereka mengambil segelas sari anggur dan sebuah roti.

Hal serupa dilakukan Gereja Saddleback yang digembalai Pendeta Rick Warren. Gereja ini malah dikenal sebagai pelopor ibadah digital. Setidaknya ada 168 ibadah yang sudah ditayangkan streaming di website gereja ini.

Jay Kranda, ketua pendeta yang mengelola ibadah online di Saddleback, bahkan ingin mempersiapkan ibadah yang dapat diakses melalui perangkat Nintendo Wii.

Meskipun sedang marak, tidak semua gereja setuju dengan ide ini. November 2013 lalu, Gereja Methodist Bersatu mengeluarkan pernyataan bahwa perjamuan kudus seharusnya diselenggarakan bersama dengan komunitas yang nyata secara jasmani.

Bagaimana dengan Anda, setujukah dengan praktek ibadah digital ini?

 

BACA JUGA:

Pasang Setengah Juta Lampu Natal, Keluarga ini Masuk Rekor Dunia

Diamlah!

Jangan Biarkan Otak Rusak Karena Kerja Berlebihan!

Jupe Ikut Rayakan Natal Bersama Gaston?

4 Alasan Kenapa Kita Seharusnya Tidak Pelit

Whispers of Hope: Berdoalah dengan Tanpa Henti

Gara-gara Pohon Natal, Tiga Wanita Berkelahi

Pohon Natal ini Diklaim Sebagai yang Terjelek Sedunia

Ini Dia 7 Pohon Natal Fantastis Sejagad Raya!

Sumber : Newsmax/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami