Superbook Indonesia Dipastikan Lebih Kontekstual

Superbook Indonesia Dipastikan Lebih Kontekstual

Yenny Kartika Official Writer
5218

Meskipun serial animasi Superbook pada dasarnya dibuat dengan citarasa ‘barat’, tetapi Superbook versi Indonesia dipastikan berbau lokal khas Tanah Air. Hal ini disampaikan Hartono Sugianto, co-executive producer Superbook Indonesia, dalam jumpa pers peluncuran Superbook di Jakarta, Sabtu (7/9).

Beberapa hal dari Superbook yang ditayangkan di Indonesia mendapatkan penyesuaian agar mudah dimengerti pemirsa dalam negeri. “Contohnya, popcorn (jagung berondong, -red.), kita kontekstualisasikan menjadi jagung bakar, sesuatu yang lebih relate dengan masyarakat kita daripada popcorn,” kata Hartono.

Penyesuaian juga dilakukan dengan lelucon berbahasa Inggris yang disulihsuarakan (dubbing) ke bahasa Indonesia. Beberapa lelucon akan terdengar lucu bagi pemirsa yang mengerti budaya barat, namun beberapa akan terdengar biasa saja jika didengar di lingkungan budaya kita. “Ada jokes yang lucu di budaya barat, tetapi di dalam budaya kita, apa lucunya? Seperti slang-nya bahasa mereka (Inggris) yang susah dipahami, maka kita kontekstualisasikan dengan masyarakat kita,” imbuh Hartono.

Sementara tampilan karakter dalam serial 3-dimensi ini memang serupa dengan animasi aslinya. Hal ini didasarkan pada alasan nilai historis yang sengaja ditampilkan dalam film. “Di kisah Alkitab yang terdapat dalam film ini sendiri, figur dan muka tokoh dibuat menurut sejarah. Akurat dari sisi sejarah dan bangsa tersebut,” kata Mark McClendon, co-executive producer Superbook Indonesia. “Jadi, kisah dari Alkitab itu sendiri kita buat sesuai.”

Animasi Superbook berisi petualangan seru menjelajahi Alkitab, buku ajaib yang pernah ditulis sepanjang masa. Film ini menampilkan robot Gizmo, Joy, dan Chris yang dipandu oleh Superbook untuk membawa mereka melintasi lorong waktu. Mereka selalu bertemu dengan berbagai tantangan dan belajar nilai-nilai kebenaran, yang mereka peroleh dari Superhero atau tokoh-tokoh Alkitab. Saksikan penayangan perdananya di MNC TV pada Sabtu, 14 September 2013, pukul 06.30. Sebelum menonton, saksikan trailernya di sini.

 

BACA JUGA:

Editor Film '5cm' Sambut Baik Kehadiran Superbook di Indonesia

Matt & Sherry McPherson, Hadirkan Kristus Lewat Lagu

Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Tokoh-tokoh Superbook!

Superbook, Momen Bagi Gereja untuk Bersatu

Jepang Rencanakan Puasa Internet untuk Anak


Sumber : JAWABAN.COM
Halaman :
1

Ikuti Kami