Jepang Rencanakan Puasa Internet Untuk Anak

Nasional / 5 September 2013

Kalangan Sendiri

Jepang Rencanakan Puasa Internet Untuk Anak

daniel.tanamal Official Writer
3459

Akibat sekitar 500 ribu anak-anak di Jepang usia 12 hingga 18 tahun dideteksi kecanduan internet. Pemerintah Jepang melalui kementerian pendidikannya merencanakan mengadakan kampanye `puasa` internet.

Saat ini kementerian pendidikan memang belum bisa mengukur seperti apa masalahnya. Tapi jumlah yang ada sekarang ini sudah mengkhawatirkan. Kecanduan internet sering diduga sebagai penyebab banyaknya pemuda di Jepang mengalami kurang tidur dan gangguan makan.

Pada kasus terparah, kecanduan itu menyebabkan gejala depresi dan deep vein thrombosis, yang sering dikaitkan dengan kondisi kram. Belum lagi terganggunya kinerja sekolah anak-anak akibat aktivitas online. "Ini menjadi masalah," kata Akifumi Sekine, Juru Bicara Kementerian Pendidikan, kepada The Daily Telegraph, Rabu (28/8).

Kementerian pendidikan ingin mengubah fokus anak kepada internet untuk beralih ke komunikasi didunia nyata. "Kami ingin membuat mereka keluar dari dunia maya dan mendorong mereka berkomunikasi dengan nyata bersama anak-anak lain dan orang dewasa," ujar Sekine.

Kurangnya tontonan yang memberkati bagi anak juga merupakan salah satu penyebab mengapa banyak anak “melarikan diri” kepada media-media lain yang justru merusaknya. Salah satu tontonan bagi anak terbaru yang pastinya memberkati anak-anak di Indonesia akan tayang secara Nasional mulai 14 September 2013 mendatang di stasiun televisi swasta MNCTV setiap Sabtu pukul 06.30 WIB. Tayangan itu adalah Superbook.

Jika anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai Superbook, hadiri peluncurannya yang diselenggarakan oleh Tim CBN Indonesia pada Sabtu 7 September di MOI – Mall of Indonesia, Gedung Gereja lantai P3 mulai pukul 09.30 – 11.30 WIB.

Jika Anda juga tergerak untuk mendukung pelayanan ini bagi generasi muda bangsa, ikutlah berpartisipasi. Anda dapat berperan serta dalam bentuk dukungan menjadi Mitra CBN. Melalui donasi Anda setiap bulan, program-program produktif dan Memberkati Bangsa ini terus diproduksi.

 

 


Sumber : liputan6.com
Halaman :
1

Ikuti Kami