Respon Ester
Kalangan Sendiri

Respon Ester

eva Official Writer
      9237
Show English Version

Ester 4:16

Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati

Bacaan Alkitab Setahun:[kitab]Mazmu38[/kitab];[kitab]Ibran2[/kitab];[kitab]Mikha3-4[/kitab]

Ketika kita membaca dan merenungkan kisah Ester, dijelaskan bagaimana perjuangan Ester membela bangsanya dari kepunahan. Dia tidak kehilangan akal. Sebelum dirinya menghadap raja, dia menyuruh bangsa Yahudi untuk berpuasa bersama dengan dia selama 3 hari. Dia tahu bahwa langkah yang diambilnya penuh resiko dan bahkan berujung kepada kematian.

Dari kisah Ester, sebenarnya ada 2 poin penting yang bisa kita ambil. Pertama, dia memilih untuk mengambil keputusan tegas dalam berpuasa sebelum melangkah dengan kekuatan penuh. Dia bergerak ke suatu situasi dengan cemerlang dan kemauan untuk mengambil resiko dalam memenuhi panggilan yang lebih besar untuk hidupnya. Dia tidak mengesampingkan hidupnya karena takut namun dia berani keluar untuk komunitasnya.

Kedua, bangsa Yahudi selamat dari kepunahan karena keputusan seseorang yang rela menyerahkan hidupnya dan memiliki hati yang melekat dengan Tuhan. Mungkin dia tidak tahu apa yang sedang Tuhan lakukan, namun Ester taat untuk ikut ambil bagian dalam apa yang Tuhan sedang lakukan untuk Yahudi. Saat ini mungkin diantara kita sedang berada di situasi yang hampir sama dengan Ester, mengambil keputusan. Apapun pergumulan yang kita miliki, ingatlah selalu bahwa Tuhan tidak pernah tinggal diam atas keadaan Anda asal Anda berani melangkah menurut apa yang Tuhan inginkan dalam hidup Anda.

Keyakinan akan pertolongan Tuhan adalah solusi bagi persoalan hidup Anda.

 

Ikuti Kami