Berminat Jadi Penulis Lepas? Simak Dulu Ini!

Berminat Jadi Penulis Lepas? Simak Dulu Ini!

Yenny Kartika Official Writer
17574

Ketika saya mulai jadi penulis lepas (freelance writer) duapuluh tahun yang lalu, segala sesuatunya begitu berbeda dengan zaman sekarang. Dulu saya paling sering menulis di majalah-majalah, dan saya sangat bergantung pada layanan tukang pos untuk mengirimkan naskah. Saya harus menunggu berminggu-minggu sebelum akhirnya mendapat balasan dari editor. Tidak semua orang bisa sabar dalam hal, sehingga hanya sedikit yang berminat untuk mendapat penghasilan tambahan dari pekerjaan ini.

Namun, kini Internet telah mengubah banyak hal. Kita bisa memilih untuk jadi penulis lepas dan mendapatkan tawaran pekerjaan pada hari yang sama. Tentu saja, semakin lihai keahlian yang dimiliki, semakin baik pula proyek dan besar gaji yang ditawarkan.

Penulis lepas bisa memilih beragam pasar. Mereka dapat menulis untuk majalah, baik secara online maupun cetak. Mereka juga bisa menulis di blog yang mereka kreasi sendiri secara gratis, atau menulis di situs orang lain.

Jika Anda tertarik untuk bekerja sebagai penulis lepas, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

-Sampel

Anda perlu membuktikan keahlian dan kualitas tulisan Anda melalui sampel. Jadi, mula-mula Anda harus  menentukan ke mana pasar yang akan Anda tuju, kemudian buat sampel yang sesuai dengan pasar tersebut. Misalnya, Anda ingin memulai terjun dalam blogging, maka pelajarilah beberapa blog yang sukses, dan kemudian buat sejumlah tulisan untuk dijadikan sampel. Lakukan cara yang sama untuk pasar lainnya yang Anda tuju.

 

-Perangkat

Sebagai orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah, penulis lepas tidak membutuhkan perangkat atau alat yang terlalu banyak, namun ada beberapa perangkat yang wajib dimiliki. Perangkat terpenting adalah komputer atau laptop. Sediakan juga akses internet yang kencang. Kebanyakan klien akan mengharuskan pekerjaan Anda berformat Microsoft Word, jadi pastikan program apapun yang Anda gunakan kompatibel dengannya.

Karena Anda akan menghabiskan banyak waktu di depan komputer, pastikan ruang kerja Anda nyaman dengan penerangan yang cukup. Beberapa klien juga akan sering menghubungi Anda melalui telepon atau Skype, jadi pastikan itu semua dapat diakses dengan leluasa.

 

-Tawaran Kerja

Tentu saja jika Anda baru mulai jadi penulis lepas, Anda harus mencari pekerjaan. Wadah paling tepat adalah melalui penyedia tawaran kerja online. Beberapa penulis lepas menemukan situs-situs seperti Guru, Elance, Freelancer, dan oDesk sebagai tempat menemukan peluang tersebut. Jelajahi beberapa situs, daftarkan diri Anda untuk mulai mendapat akses gratis, kemudian mulai tentukan proyek yang menarik bagi Anda.

 

-Ketekunan dan Komitmen

Menjadi seorang penulis lepas membutuhkan ketekunan tingkat tinggi. Bidang usaha ini termasuk subjektif, artinya tidak semua orang akan tahan dalam area ini jika memang dia tidak memiliki hasrat (passion) dalam menulis. Anda juga harus berkomitmen untuk menghasilkan karya tulis yang bermutu, orisinal (bukan jiplakan), dan sesuai dengan permintaan klien.

 

Jadi, sudahkah Anda siap mengubah untaian kata-kata menjadi pendapatan bagi dompet Anda? Jika Anda memang suka dengan tulis-menulis, seperti menjadi penulis lepas merupakan tantangan tersendiri yang patut dicoba!


BACA JUGA:

Penulis Muslim ini Bikin Buku Tentang Yesus

Kisah Nyata Christie: Perjalanan Ditinggal Suami, Kena Stroke, dan Jadi Penulis

Phillip Pullman, Penulis Atheis: Yesus Itu Penting untuk Edukasi Anak

Sediakan Waktu untuk Berbuat Baik

Dengan Kedelai, Wanita Menopause Bisa Tetap Ramping

VIDEO: 86% Air Suci di Tempat Ibadah Tercemari Kotoran Manusia

Sulitnya Keluar dari Kebiasaan Buruk


Sumber : MoneyCrashers/yk

Ikuti Kami