Kembangkan Bisnis Anda Dengan Pekerjakan Freelancer

Kembangkan Bisnis Anda Dengan Pekerjakan Freelancer

Puji Astuti Official Writer
3328

Semakin berkembangnya usaha, tidak bisa dipungkiri bahwa akan membutuhkan semakin banyak pekerja untuk menangani berbagai hal. Namun dengan tuntutan upah dan juga gaya hidup para karyawan saat ini, tentu akan memberatkan para pelaku usaha. Untuk itu perlu disiasati dengan bijaksana, sehingga usaha atau bisnis Anda dapat terus bertumbuh dengan sehat, salah satunya adalah dengan mempekerjakan freelancer atau pekerja lepas.

Mengapa memilih freelancer dan bukannya pegawai tetap?

- Solusi jangka pendek yang baik. Jadi jika Anda membutuhkan seorang tenaga ahli dengan tenggat waktu yang pendek, maka pilihan paling baik adalah pekerja lepas. Sebab jika mereka gagal dalam memenuhi perjanjian, maka resiko akan ditanggung si freelancer bisa fatal, seperti pemotongan harga sesuai dengan kesepakatan serta nama baiknya bisa hancur.

- Anda tidak perlu menyediakan peralatan dan tempat. Biasanya freelancer profesional telah memiliki kelengkapan yang cukup memadai untuk mampu menangani tugas-tugasnya dengan baik. Contohnya seorang desain grafis, ia pasti telah memiliki komputer dan software yang diperlukannya, demikian juga seorang fotografer atau bahkan seorang akuntan.

Apa yang harus dilakukan sebelum mempekerjakan freelancer?

- Buatlah daftar kebutuhan Anda secara lengkap, mulai dari target yang ingin dicapai, keahlian yang dibutuhkan, pendidikan dan pengalaman yang Anda harapkan, jangka waktu pengerjaan dan juga tenggat waktu, dan juga cara pembayaran.

- Tentukan nilai anggaran proyek Anda. Untuk menentukan anggaran dari proyek Anda, lakukanlah survei terlebih dahulu, sehingga freelancer potensial yang Anda harapkan bisa didapatkan.

- Saat mencari freelance mintalah rekomendasi dari orang yang pernah mempekerjakannya, hal ini sangat penting sehingga Anda tidak kecewa nantinya.

- Jangan selalu pekerjakan orang yang sama, buatlah penawaran proyek dan undanglah freelancer yang pernah bekerja dengan Anda tersebut. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan harga yang tetap kompetitif.

- Siapkan perjanjian tertulis dengan klausul yang lengkap, pastikan baik Anda maupun sang freelancer tidak dirugikan dengan perjanjian tersebut.

Sebuah usaha yang sehat dan sukses, tidak selalu harus berada di gedung yang besar yang berisi banyak pekerja. Terkadang dalam bisnis "small is beautiful", mengapa? Karena bisa menekan biaya dan juga lebih mudah dikelola.

Baca juga artikel lainnya :

Strategi-strategi Selamatkan Usaha Anda dari Ancaman Krisis

Jutaan Orang Perebutkan 60.000 Lowongan CPNS 2013

Lima Hal Yang Membuat Anda Kemungkinan Besar Dipecat

Tips Mengatur Arus Kas Pekerja Lepas

Viona Paays: Superbook adalah Imajinasi Masa Kecil Saya

Sumber : Entrepreneur.com | Jawaban.com | Puji Astuti

Ikuti Kami