Jutaan Orang Perebutkan 60.000 Lowongan CPNS 2013
Sumber: antaranews.com

Nasional / 4 September 2013

Kalangan Sendiri

Jutaan Orang Perebutkan 60.000 Lowongan CPNS 2013

Puji Astuti Official Writer
4275

Hingga saat ini, posisi pegawai negeri sipil (PNS) masih menjadi primadona karena dianggap memberikan jaminan bagi masa depan. Jadi tidak heran jika tahun 2013 ini, jutaan penduduk Indonesia berburu posisi sebagai PNS.

Namun berapakah jumlah lowongan yang tersedia? Berdasarkan rilis dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi saat ini sebanyak 339 instansi pemerintah membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS), yang terdiri dari 69 kementerian dan lembaga pemerintah, 23 pemerintah provinsi dan 237 pemerintah kabupaten-kota.

“Untuk pelamar umum ada 65.000 lowongan yang terbagi 40.000 untuk pemerintah daerah, dan 25.000 untuk instansi pusat. Selain itu seleksi CPNS untuk tenaga honorer kategori II ada lebih dari 600.000 lowongan," demikian jelas Deputi Bidang Sumber daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Setiawan Wangsaatmaja, Senin (2/9) yang dikutip oleh Solopos.com.

Seleksi CPNS dilakukan melalui beberapa jalur, seperti pelamar umur, CPNS calon siswa ikatan dinas dan jalur formasi khusus seperti untuk dokter dan tenaga ahli tertentu. Saat ini berbagai institusi dan pemerintah daerah telah membuka pendaftaran CPNS melalui online.

Para peminat diingatkan untuk tidak tergiur oleh tawaran para calo dan juga berhati-hati terhadap kemungkinan penipuan. Untuk itu disarankan agar pelamar mencari informasi lebih jelas kepada setiap kementerian atau pemerintah daerah yang dituju.

Baca juga artikel lainnya :

Jokowi Larang PNS DKI Jakarta Mudik Lebaran Pakai Mobil Dinas

SD Negeri di Sulawesi Selatan Ini Hanya Punya Satu Guru

Hari Pertama Puasa, 3 Kantor Pemda ini Ditinggal Sejumlah PNS-nya

Daftar PNS Yang Menerima Gaji Ketiga Belas

Percaya Atau Tidak, Mujizat Terjadi Setiap Hari

Kenali Penyebab Kebotakan Pada Pria

Sumber : Solopos.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami