Dinilai Langgar HAM, FPI Desak Densus 88 Bubar

Dinilai Langgar HAM, FPI Desak Densus 88 Bubar

Lori Official Writer
2824

FPI menyerukan pembubaran Densus 88 karena dianggap kerap melakukan pelanggaran hukum tepat di hari jadi ke-15 ormas ini pada Minggu (25/8). Tindakan ini bermula dari aksi Densus 88 yang sempat membekuk salah seorang anggotanya yang bernama Iwan Priyadi dengan dugaan penembakan oknum polisi yang terjadi pekan lalu.

Namun berdasarkan hasil penyelidikan terhadap Iwan, belum ditemukan adanya bukti keterlibatan dirinya dalam tindak kriminalitas tersebut. Akibatnya, FPI sontak menyatakan bahwa Densus 88 telah melakukan tindakan pelanggaraan HAM.

“Karena Densus sering salah tangkap, salah tembak. Mundur dan tidak lagi mengindahkan aturan hukum,” tukas Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shibab.

Rizieq Shibab juga mengusulkan agar para petinggi dan anggota Densus 88 harus diadili di peradilan HAM sebab dianggap sudah banyak membunuh orang yang tidak bersalah yang jelas-jelas sudah tergolong pelanggaran HAM berat. Bila pembubaran tidak dilakukan, maka FPI mengultimatum bahwa Densus 88 akan menjadi musuh bersama umat Islam.

Menyikapi desakan FPI, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Ronny F Sompie mengatakan bahwa terdapat sejumlah anggota FPI yang sedang menjalani penyelidikan terkait pelanggaran hukum. Ia memaparkan Polri tidak akan melakukan diskriminasi terhadap siapapun yang terbukti bersalah. Menurutnya Instansi Polri sudah menjalankan kewenangan yang telah tertera dalam undang-undang saat menjalankan tugas dilapangan.

Wajar memang bila menuntut tindakan yang jelas melanggar undang-undang, namun menjadi tidak bijak bila tindakan tersebut hanya didasarkan pada keberpihakan pada kelompok dan golongan tertentu tanpa menimbang dan menganalisis aturan hukum yang berlaku.

 


Baca Juga Artikel Lainnya:

FPI Serukan Penolakan Ajang Miss World Dengan Demonstrasi

Pemerintah Diminta Hadir Saat Gesekan Antar Kelompok Terjadi

Pemda DKI Sambut Baik Seminar Kanker Perkumpulan Pelayanan TAKHTA YESUS

Terjadi Kecelakaan di Tol Cikupa, 3 Tewas dan 11 Luka-Luka

Ada Kemungkinan Pengelola Bus Giri Indah Ikut Dijerat Polisi

Sembuh Miom 6,9 cm Tanpa Operasi!

Sumber : Liputan6 | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami