Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
6955


Roma Girsang, wanita kelahiran Medan, 16 April ini telah menggeluti dunia fashion sejak 2006. Berawal dari bakat yang dimilikinya sejak SMA, Roma pun iseng-iseng membangun usaha ini lewat kerajinan tangan yang ia mulai dengan menggunakan kulit binatang asli.

Kerajinan tangan yang diberi merek Rawigi Craft 153 adalah usaha pertamanya sebelum berlanjut menggeluti bisnis kerajinan ulos.  Pada tahun 2008, ia kemudian membangun bisnis kerajinan tangan dari ulos yang diberi nama Kriya Ulos.

Ia mengakui bahwa awalnya banyak pelanggan yang mengajurkannya untuk menampilkan ulos sebagai ciri khas budaya Batak, sehingga dengan dorongan itu Roma akhirnya menghasilkan berbagai macam kerajinan yang menarik.

"Banyak orang bertanya asal daerah saya, begitu saya bilang dari Sumatera Utara,  mereka bilang, Sumatera Utara kan ada Ulos, kog ngak ditampilkan. Mulai sejak itu saya terinspirasi," ujar wanita ini.

Melalui tangan Roma yang berbakat, Ulos yang dikenal sebagai kain khas etnis Batak ini diubah menjadi tas, rompi dan berbagai souvenir lainnya. Tanpa disangka Kriya Ulos pun semakin sukses memikat hati para pelanggan baik dari masyarakat Batak, Jawa, Tionghoa dan Indonesia bagian Timur lainnya. Kerajinan Ulos ini pun menjadi populer sebagai oleh-oleh khas Medan.

"Sebagai putri Batak itulah sumbangsihku terhadap budaya," ujarnya.

Roma menuturkan bahwa awalnya ia sempat berpindah-pindah pekerjaan karena merasa bosan, hingga tiba suatu masa ketika ia mendapat ide untuk semakin serius menggeluti kerajinan tangan dari kulit binatang dan ulos. Produk kulit binatangnya sukses merambah ke pasar dunia seperti Singapura, Australia, Jepang, Amerika Serikat dan lainnya. Sementara untuk kerajinan tangan berupa tas dari ulos, ia bahkan sanggup mendapatkan omset hingga Rp27 juta per bulannya.

Untuk sampai pada tahap ini, Roma menuturkan bahwa kunci kesuksesan adalah dengan mengerahkan seluruh kekuatan pikiran, tekun dan berani dalam memasarkan produk usaha. Seiring dengan waktu, ia banyak mendapat masukan dan ide-ide lewat para pelanggan yang semakin mendorongnya menciptakan kreatifitas unik dan berbeda yang dapat diterima di pasar dunia.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Lai Moi, Sukses Berkat Usaha Cendol

Lianna Gunawan, Sukses Lewat Sepatu Batik La Spina Yang Mendunia

William Tanuwijaya, Bangun Tokopedia Dari Nol

Joanna Alexandra, Sempat Ragu Akan Bisnis Sepatu yang Dijalaninya

Kesaksian Istri Seorang Debt Collector

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Lori

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Serly Setiawan 17 November 2019 - 13:17:28

selamat siang

0 Answer

Tonny 17 November 2019 - 00:19:03

Anak muda

0 Answer

Tonny 17 November 2019 - 00:18:42

Anak muda mulai meninggalkan gereja

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7269

Banner Mitra November Week 2