Fakta Unik Seputar Hugo Chavez

Fakta Unik Seputar Hugo Chavez

Lois Official Writer
4605

Kemarin (6/3), Presiden Venezuela menghembuskan nafas terakhirnya karena penyakit kanker yang memang menggerogotinya beberapa lama ini. Rakyat ibukota Caracas berduka karena pemimpin negara dengan paham sosialis ini. Hugo Chavez melakukan banyak hal unik. Dia sukses menekan angka kemiskinan meski angka kekerasan antar sipil belum mampu ditanganinya. Ada beberapa fakta unik lainnya seputar pemimpin yang memerintah lebih dari 14 tahun di Venezuela ini, yaitu :

40 Gelas Kopi Sehari

Percaya atau tidak, Hugo Chavez penggemar minuman yang satu ini. Dalam satu hari, dia bisa menghabiskan sampai 40 gelas kopi dan tidak dilewatkannya satu haripun selama dia melakukan tugas kenegaraan. Sayangnya, kegemarannya ini disinyalir sebagai penyebab kanker yang dideritanya. Dokter di Havana, Kuba mengatakan minum kopi tanpa disertai air putih sangat berefek buruk bagi kesehatan, apalagi jika melebihi kadar normal yaitu dua gelas sehari.

Belum Ingin Mati

Chavez pernah berdoa meminta kesembuhan kepada Tuhan karena masih banyak pekerjaan yang ingin diselesaikannya di bumi. Airmatanya mengalir saat mengucapkan doanya secara Katolik. “Saya memohon padaMu, Tuhan untuk memberi saya hidup namun memang menyakitkan,” ujarnya kala itu.

Berselisih dengan Vatikan

Meskipun menganut agama Katolik, namun Hugo Chavez dilaporkan pernah mengadakan perang dingin dengan pusat pemerintah Katolik, Vatikan. Perang dinginnya ini berkaitan erat dengan agama yang dianutnya sekaligus paham sosialis yang menjadi pilihannya. “Saya percaya Tuhan sangat baik namun ketegangan ini membuat saya seperti diberikan beban seratus salib di pundak dan mahkota duri di kepala. Tapi saya melaluinya dengan baik sebab Tuhan tahu banyak yang lebih penting untuk saya lakukan,” ujarnya kala itu.

Dinantikan Pidatonya di PBB

Chavez merupakan salah satu dari empat kepala negara yang paling dinantikan pidatonya di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (MU PBB) selain Mahmud Ahmadinejad (Presiden Iran), mantan Presiden Libya Muammar Qaddafi, dan mantan pemimpin Kuba Fidel Castro. Pidatonya yang paling sensasional yaitu pada 2006 dimana dia berkata bahwa dia masih mencium aroma setan dan belerang, lalu dia berdoa membentuk tanda salib minta perlindungan Tuhan. Hal ini ditanggapi anggota MU PBB dengan tertawa.

Pengkritik Amerika Paling Tajam

Dia merupakan pengkritik Amerika paling tajam sejak masa pemerintahan Bush, terutama soal penyerangan ke Irak pada 2003. Namun, dia pernah memuji Presiden Barack Obama karena dinilai bisa memberikan harapan baru bagi dunia.

Sumpah Jabatan Terakhirnya Diwakili Ribuan Rakyat Venezuela

Seluruh rakyat Venezuela tidak mau pemimpin yang lain meskipun Hugo Chavez menyatakan sakitnya. Bahkan dia tetap diangkat menjadi pemimpin mereka walaupun dia sekarat. Seharusnya dia mengucapkan sumpah empat tahun ke depan pada 23 Januari 2013, namun karena kondisi kesehatannya yang memburuk, sumpahnya ini akhirnya diucapkan oleh puluhan ribu warganya di depan Istana Kepresidenan Caracas. Bukti nyata bahwa dia dicintai oleh rakyatnya.

Tentunya rasa kehilangan yang dirasakan rakyat Venezuela ini nyata dirasakan dan bukti bahwa Hugo Chavez memimpin dengan penuh rasa cinta. Kita berharap Venezuela dipimpin oleh seorang yang takut akan Tuhan dan begitu juga Indonesia.

 

Baca juga :

Hugo Chavez Kembali Pimpin Venezuela

Chavez Kembali Jadi Presiden, Umat Kristen Ketakutan

4 Langkah Mudah Untuk Mengampuni

Berbagai Masalah Anak dan Cara Penanganan Orangtua

Bahaya Masker dan Peranannya Dalam Kesehatan

Mengenal Makanan Tradisi Indonesia : Tumpeng

Haii, JCers yang Gabung di Bulan Maret 2013!!

Sumber : merdeka by lois horiyanti/jawaban.com

Ikuti Kami