Berbagi Sukacita Imlek Dengan Berbagi Angpao Dengan Bijak

Marriage / 9 February 2013

Kalangan Sendiri

Berbagi Sukacita Imlek Dengan Berbagi Angpao Dengan Bijak

Puji Astuti Official Writer
5789

Imlek belum lengkap jika tanpa angpao. Kata angpao sendiri berasal dari dialek Hokkian yang berarti amplop merah. Sebagaimana tradisi masyarakat Tionghoa, setiap hari raya Imlek yang menandai datangnya musim semi, pasangan yang telah menikah akan bagi-bagi angpao berisi uang kepada mereka yang lebih muda dan belum menikah. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk berbagi kebahagian dan keberuntungan.

Imlek seperti hari besar lainnya, banyak pengeluaran yang akan mempengaruhi anggaran keuangan keluarga. Untuk itu akan lebih bijak untuk mempersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya anggaran keuangan bersama pasangan dan juga anak-anak Anda. Berikut adalah panduan sederhana yang bisa menjadi masukan untuk memulainya :

1. Buatlah daftar kebutuhan untuk persiapan Imlek dan sewaktu imlek
Membuat perincian kebutuhan sangatlah penting, hal tersebut akan menghindarkan Anda dari pengeluaran tak terduga yang dapat merusak kondisi keuangan Anda.  

2. Perkirakan besaran jumlah angpao dan siapa saja yang akan menerimanya.
Ingatlah bahwa angpao ini adalah bentuk berbagi kebahagiaan dan juga ungkapan syukur atas datangnya tahun baru. Berilah sesuai dengan kemampuan keluarga Anda, sepakati besarannya dengan pasangan Anda. Jangan coba bandingkan besarnya pemberian Anda dengan orang lain, karena setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

3. Menabunglah untuk hari-hari istimewa seperti hari Imlek ini
Tentunya Imlek dan hari-hari besar lainnya sudah bisa diperkirakan sebelumnya, untuk itu dengan membuat anggaran dan menabung sesuai jumlah yang dibutuhkan jauh-jauh hari sebelumnya adalah tindakan bijaksana. Jangan alihkan dana yang sudah dianggarkan seperti dana untuk makan dan kebutuhan sehari-hari untuk menutup pengeluaran selama hari istimewa seperti imlek, karena hal tersebut tentunya dapat menggoncang kondisi perekonomian keluarga.

Hari istimewa seperti perayaan Tahun Baru Imlek jika dipersiapkan dengan baik akan menambah kebahagian dalam menjalaninya. Jika gagal mempersiapkan, hal-hal kecil malah dapat merusak sukacita yang kita harapkan. Nah, komunikasi dengan pasangan akan menjadi penentu ketika mempersiapkan semuanya itu. Bagi Anda yang merayakan Imlek, apakah Anda memiliki kiat istimewa sendiri? Yuk berbagi disini..

Baca juga :

Mari Bergabung dan Ciptakan Lagu Positif di Jawaban.com

Penyakit Kulit yang Bisa Menjangkit Usai Banjir

Resep Enak Pempek Palembang

Forum : Met Tahun Baru n Met Gabung Buat JCers Januari 2013

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami