Mengenal Natal Lewat Sejarah

Mengenal Natal Lewat Sejarah

Lois Official Writer
8981

Seperti kita ketahui, Natal berasal dari Injil Lukas dan Matius dalam Perjanjian Baru. Natal sebenarnya identik dengan kelahiran Yesus Kristus ke dunia, meskipun sekarang ini lebih banyak mengenai Sinterklas dan hadiah-hadiahnya. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu kita pelajari lewat sejarah yang dirangkum oleh wikipedia.com yaitu :

Sejarah Awal

Catatan pertama peringatan hari Natal pada kalender Romawi Kuno yaitu tanggal 25 Desember tahun 336 Sesudah Masehi. Pada awalnya, perayaan ini kemungkinan besar bukan perayaan Kristen dimana masyarakat menyiapkan makanan khusus, menghiasi rumah mereka dengan daun-daunan hijau, menyanyi bersama, dan tukar-menukar kado. Kebiasaan itu lama-kelamaan menjadi bagian dari perayaan Natal.

Akhir tahun 300-an, agama Kristen menjadi agama resmi Kekaisaran Romawi. Tahun 1100 Natal telah menjadi perayaan keagamaan terpenting di Eropa. Saat itu Santo Nikolas diperkenalkan sebagai lambang usaha untuk saling memberi, yang kemudian disebut Sinterklas.

Asal Kata

Kata Christmas (Hari Natal) berasal dari kata Cristes maesse, yang berarti Mass of Christ (Misa Kristus). Kata Christmas juga seringkali disingkat menjadi Xmas. Dalam bahasa Yunani, X adalah kata pertama dalam nama Kristus (Christos), huruf yang sering digunakan sebagai simbol suci.

Natal dari bahasa Portugis berarti kelahiran.

Beberapa Perayaan Natal

Natal dirayakan dalam kebaktian malam pada tanggal 24 Desember dikenal sebagai Malam Natal. Paginya tanggal 25 Desember dikenal sebagai Hari Natal. Beberapa gereja Ortodoks merayakan Natal pada tanggal 6 Januari. Namun tidak banyak yang tahu bahwa Natal berakhir pada hari Epifani, yaitu tanggal 6 Januari atau 12 hari stelah hari Natal. Epifani adalah datangnya para majus di hadirat bayi Yesus. Menurut umat Kristen Timur, hari tersebut adalah perayaan pembaptisan Kristus.

Kehadiran Yesus ke dunia membawa pesan dan hadiah yang begitu luar biasa. Kita diselamatkan, dosa-dosa dihapuskan, kebenaran dibukakan, dan kita memperoleh sukacita abadi.

 

Baca juga :

Paul Walker, Aktor Kristen yang Dikenal Suka Menolong

Ini Spesifikasi Mobil Paul Walker: Porsche Carrera GT

Tanda-Tanda Orangtua / Mertua Terlalu Ikut Campur

Mengapa Natal Jadi Sukacita Terbesar dalam Hidup?

Film Terbaik Tentang Kalkun : Free Birds

10 Cara Makan Fast Food Tapi Tetap Sehat

Forum : Bakti Sosial 7 Desember 2013, Mau Ikutan?

Semua Indah, Jangan Menangis Mama

Sambut Natal, Siapkan Makanan Nuansa Merah Hijau

Sumber : wikipedia.com by lois horiyanti/jawaban.com

Ikuti Kami