Gua Natal, Tradisi yang Menunjukkan Sejarah

Gua Natal, Tradisi yang Menunjukkan Sejarah

Lois Official Writer
8949

Pada masa Natal, Gua Natal diciptakan dan dikeluarkan di rumah-rumah, gereja, dan taman-taman oleh orang-orang Katolik dan Protestan. Di Vatikan, Gua Natal ini biasanya dipamerkan di dua tempat yaitu Basilika Vatikan dan Piazza San Pietro. Gua Natal adalah istilah untuk menggambarkan suasana kelahiran Yesus di Betlehem.

Gua Natal dibuat dalam dua dimensi (gambar, lukisan, ikon, dll) atau tiga dimensi (patung atau karya seni tiga dimensi lainnya) yang memperlihatkan Yesus ada di sebuah palungan. Di sana juga ada Yusuf dan Maria, seekor keledai dan sapi menemani mereka. Gua Natal yang tradisional memperlihatkan para gembala ada di sana, sebagian lagi beserta orang majus meski tidak menggambarkan cerita Alkitab secara persis, karena orang-orang majus tiba jauh belakangan.

Di Provence, Perancis Selatan suasana kelahiran Yesus kadang dibuat dengan ratusan patung kecil dari tanah yang dicat, yang disebut santons. Mereka mewakili semua pekerjaan dan profesi tradisional dari Provence lama. Di Meksiko, ada tradisi untuk membangun Gua Natal pada 16 Desember.

Yang menarik, Gua Natal ini sedikit demi sedikit ditambahkan hari demi hari. Bayi Yesus baru diletakkan di tempatnya pada 24 Desember dan hari-hari berikutnya diletakkanlah para gembala. Orang majus baru ditambahkan ke Gua Natal ini pada 6 Januari, pada hari raya Epifani. Gua Natal baru dibongkar pada 2 Februari, pada hari Candlemas, yang menandai berakhirnya musim Epifani. Di Amerika Latin, Gua Natal dibongkar pada 15 Januari.

Sangat menarik bagaimana tradisi yang tetap dipertahankan dapat menunjukkan sejarah yang sesungguhnya. Namun, yang lebih penting lagi adalah makna yang ada di baliknya. Makna dimana manusia memperoleh keselamatan yang seharusnya tidak pantas diterimanya.

 

Baca juga :

10 Film Natal Animasi Terbaik

10 Langkah Komitmen Berumah Tangga (Bag 2-End)

Anak Ini Nyanyikan Lagu Natal dengan Gerakan Untuk Ortunya

4 Tokoh Perjanjian Lama yang Menubuatkan Tentang Yesus

Janji Tuhan untuk Mengangkat Orang yang Tulus (1)

Daripada Potong Atau Warnai, di-Highlight Aja

Sebuah Paket Sepatu di Hari Natal

Sumber : wikipedia.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami