5 Teknik Penghilang Stres dari Berbagai Negara

5 Teknik Penghilang Stres dari Berbagai Negara

Lori Official Writer
4075

Idealnya manusia di berbagai belahan negara manapun tentu mengalami penyakit stres yang sama. Tekanan mental yang dipicu oleh beragam persoalan pikiran ini sangatlah merugikan kesehatan.

Ketika gejala stres mulai timbul, sangat dianjurkan untuk dapat mengelola emosi agar tidak terserang efek yang lebih buruk seperti depresi. Adapun sikap yang dibutuhkan untuk dapat survive menghadapi si penghancur kehidupan ini dapat diterapkan lewat lima teknik unik ini, seperti yang dikutip dari Health.com

1. Latihan Tertawa oleh orang India

Benar memang bahwa ‘tertawa’ merupakan media paling ampuh hilangkan stres. Perlu anda ketahui bahwa orang India memiliki kebiasaan latihan tertawa dengan tersenyum, melambaikan tangan dan melompat. Kebiasaan ini diakui dapat memperbaiki suasana hati.  

Berdasarkan ilmu kedokteran, tertawa dapat memacu kontraksi otot-otot dan meningkatkan hormon endorfin yang membuat perasaan lebih baik. Cukup dengan beberapa menit tertawa, sangat berpengaruh bagi suasana hati dan pikiran. Kebiasaan menonton film komedi dan bercanda akan sangat membantu.

2. Jalan-jalan pagi di Irlandia

Pengelola emosi lainnya adalah beraktivitas di pagi hari seperti jalan-jalan pagi. Hal ini kerpa dilakukan oleh orang Irlandia, dimana orang tua akan tampak terlihat berjalan bersama dengan anak-anaknya di pagi hari. Penelitian di tahun 2012 menyatakan bahwa berolah raga di pagi hari akan lebih menyalakan otak dan memberikan energi.  

3. Ngopi bareng teman-teman di Swedia

‘Ngombe’ atau kumpul minum bersama dengan teman-teman ternyata menjadi ritual orang Swedia sejak tahun 1700 silam. Waktu minum ini sekaligus sebagai waktu istirahat. Ritual ini dikenal pula dengan istilah ‘fika’. Para pekerja biasanya akan ‘ngopi’ bersama pada sekitar pukul 10 pagi dan 3 sore. Penelitian menunjukkan bahwa ‘fika’ dapat meningkatkan produktifitas kerja hingga 10-15%.

4. Merendam kaki di Cina

Istilah ‘yu zu’ di Cina diartikan sebagai aktivitas merendam kaki ke dalam pandi berisi air panas yang ditambahkan dengangaram dan 2 sendok baking soda. Pergelangan kaki lalu dicelupkan dan direndam selama 15 menit.Hal ini berguna untuk menurunkan pembengkakan, memperbaiki sirkulasi darah dan memebri ketenangan pada pikiran.

5. Melakukan Pijatan di Thailand

Tak hanya di Thailand, sejumlah negara pastinya setuju bahwa pijat merelaksasikan tubuh. Di Thailand pijatan dilakukan dengan tekanan kuat dengan menggunakan lutut dan siku. Bagian pangkal leher dan sekitarnya yang berhubungan dengan kepala dan otak perlu mendapat pijatan untuk meningkatkan hormon serotonin atau antidepresan.

Semoga dengan sejumlah langkah di atas Anda dapat mengelola emosi dan terhindar dari stres.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Bawang Putih, Si Penakluk Kanker Paru

5 Makanan Alami Efektif Atasi Stres

Pernak-pernik Natal Diburu, Saatnya Jadi Reseller!

Edwin Lau, Sang Pelopor Healthy Chef Sukses Indonesia

Berkat Tuhan Semakin Melimpah Semenjak Menjadi Mitra CBN

Sumber : Doktersehat.com/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami