Ahok Janji Dampingi Pelapor KDRT ke 119
Sumber: jawaban.com

Nasional / 3 December 2013

Kalangan Sendiri

Ahok Janji Dampingi Pelapor KDRT ke 119

Lori Official Writer
4754

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berjanji bakal mendampingi para korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang melapor ke layanan call center 119. Bagi setiap pelapor nantinya akan diberi pendampingan oleh lembaga Dinas Kesehatan.  

Meski sebelumnya layanan operator ini diperuntukkan untuk layanan kesehatan, kecelakaan dan kebakaran, namun Ahok memutuskan untuk memaksimalkan pelayanan dalam hal konflik rumah tangga.

“Kita siapkan tim pendamping khusus. Kalo ada laporan langsung tindak lanjuti,” tuturnya, seperti dilansir Metrotvnews.com, Senin (2/12).

Selain Dinas Kesehatan, pemerintah DKI Jakarta juga akan bekerja sama dengan sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak memerangi KDRT. Nantinya lembaga ini juga akan diarahkan menjadi pendamping korban. Sedang Komnas Perempuan akan ditunjuk untuk melatih cara pengoperasian layanan ini.

Meski sebelumnya layanan serupa sudah ada di puskesmas-puskesmas, namun sayangnya, pelayanan tersebut kurang lancar lantaran menggunakan nomor handphone yang sulit untuk diingat. Sehingga pengaplikasian layanan 119 ini dinilai akan lebih maksimal untuk membantu korban kasus KDRT yang terus menerus  meningkat.

Untuk tahap awal terdapat sembilan rumah sakit yang telah diintegrasikan dengan call center 119 yakni Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, RS Jantung Harapan Kita, RSAB Harapan Kita, RSUP Fatmawati, RSUP Persahabatan, RSUD Tarakan, RSUD Koja, RSUD Cengkareng dan RSPAD Gatot Subroto.

Layanan call center 119 menjadi salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap nasib perempuan yang mengalami KDRT. Dengan itu, jelas bahwa kasus ini dinilai sangat penting dan patut diberi perhatian.


Baca Juga Artikel Lainnya:

The Messenger : Album Life Story Akan Memberkati Indonesia

Brasil Pasang Pohon Natal Terapung Terbesar di Dunia

Ini Spesifikasi Mobil Paul Walker : Porche Carrera GT

Andik Putuskan Berlabuh ke Klub Malaysia

Rayakan Natal Bersama Mitra CBN

Sumber : Metrotvnews.com/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami