Persahabatan, Mimpi dan Cinta Melebur dalam Pendakian 'Sagarmatha'
Sumber: Kvltmagz.com

Film Review / 29 November 2013

Kalangan Sendiri

Persahabatan, Mimpi dan Cinta Melebur dalam Pendakian 'Sagarmatha'

Lori Official Writer
7271

Satu seri lain dari film berlatar gunung dan para pemimpi seperti ‘5cm’ kembali digarap dengan alur cerita pendakian gunung dalam film ‘Sagarmatha’.

‘Sagarmatha’ merupakan kisah petualangan dua wanita yang telah bersahabat sejak di bangku Universitas. Keduanya memiliki mimpi terbesar yang sama yaitu berdiri dengan gagah di puncak tertinggi gunung Everest atau ‘The Head of Sky’. ‘Sagarmatha’ bagi orang Nepal merupakan sebutan khas puncak Everest yang dikenal juga sebagai salah satu dari tujuh puncak tertinggi dunia.

Film ini berkisah tentang Shila (Nadine Chandrawinata) dengan kegemaran menulisnya dan Kirana (Ranggani Puspandy) yang hobi dengan fotografinya. keduanya memutuskan untuk bertualang mengelilingi India hingga memasuki perbatasan Nepal menuju tujuan akhir yakni gunung Everest. Di sepanjang perjalanan ini, beragam potret kehidupan mereka saksikan. Dari satu kenyataan ke kenyataan lainnya menyiratkan jawaban atas kehidupan dan kematian, tentang mimpi dan cinta. Meski tantangan alam bukanlah masalah, namun gejolak yang timbul dalam diri mereka menyingkapkan satu persatu jawaban akan apa yang mereka inginkan dalam hidup.

Dari satu langkah ke langkah berikutnya, semakin menggeser tujuan mereka semula. Baik Shila maupun Kirana tampak tak lagi sejalan. hal ini menjadi gelombang badai yang menggoyangkan tekat mereka demi selangkah lagi menuju puncak Everest.

Di samping alur ceritanya, tersirat kisah mengharukan dalam proses pembuatannya. Sang sutradara Emil Heradi pun mengakui beratnya medan yang harus ditempuh menjadi tantangan penggarapan film berlatar di sekitar pegunungan Himalaya ini. Selain itu, dana yang pas-pasan pun kian menambah pengalaman penggarapan film penuh tantangan ini.

Hanya dengan bermodalkan semangat, mimpi, kreativitas dan pertemanan, film ini pun akhirnya sukses diluncurkan. 'Sagarmatha' menjadi bukti bahwa meski tanpa sponsor dan terkesan tanpa dukungan dana yang cukup besar seperti pada penggarapan film pada umumnya, namun Add Word productions mampu  memproduksi kembali film pendakian berbalut pengorbanan besar ini, hingga dapat dinikmati oleh pecinta film tanah air.

Kisah yang menggambarkan perjuangan anak manusia dalam menggapai mimpi-mimpi ini mengajarkan bahwa manusia hanya dapat berencana namun yang membuat jadi tetaplah Tuhan semata.

 

Sagarmatha

Sutradara : Emil Heradi

Genre : Drama/Travel/Roadtrip

Penulis: Damas Cendekia

Pemain: Nadine Chandrawinata, Ranggaini Puspandya

Durasi : 98 menit

Produksi : Add Word Productions

Rilis: 28 November 2013


<iframe width="560" height="315" src="//www.youtube.com/embed/0pcRlGsitwg" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>


Baca Juga Artikel Lainnya:

The Hobbit: The Desolation of Smaug, Segera Menghias Layar Kaca

Film Terbaik Tentang Kalkun : Free Birds

Frozen Disney, Keberanian dan Ketangguhan Seorang Putri

Tiba di Vatikan, Putin dan Paus Fransiskus Bahas Nasib Kristen di Suriah

Kristen Arab Berhasrat Dirikan Patung Yesus di Nazaret

Hidup Keras Mengubah Ku Jadi Pria Brutal

Kaka Siapkan Kado Natal Istimewa untuk Milanisti

Kitab Mazmur, Buku Termahal di Dunia Seharga Rp167 M

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami