7 Tanda Mengejutkan Bahwa Anda Stress
Sumber: Blogspot.com

Info Sehat / 28 November 2013

Kalangan Sendiri

7 Tanda Mengejutkan Bahwa Anda Stress

Yenny Kartika Official Writer
13116

Ternyata pemikiran tentang stress jauh lebih berbahaya ketimbang stress itu sendiri. Demikian fakta terbaru yang ditemukan psikolog Kelly McGonigal. Jika ada yang bilang stress dapat membunuh seseorang, itu baru kemungkinan.

Nah, itulah salah satu hal mengejutkan tentang stress yang mungkin baru Anda ketahui. Berikut ini ada 7 tanda mengejutkan bahwa Anda sedang stress:

 

Mimpi aneh dan/atau mimpi yang diulang-ulang  

“Stress yang kita hadapi sepanjang hari cenderung akan terbawa saat kita tidur dan dipikirkan dalam mimpi,” kata Lauri Quinn Loewenberg, penulis buku Dream on It—Unlock Your Dreams, Change Your Life yang dipersembahkan untuk DoctorOz.com. Mimpi-mimpi yang Anda lihat bisa menjadi petunjuk tentang topik atau permasalahan apa yang membuat Anda stress.

 

Otot tubuh mengencang

Laporan Woman’s Day menyatakan, stress dapat membuat otot kita tegang, bahkan bisa menimbulkan kejang otot. Beberapa orang yang merasa ingin dipijat bisa jadi sedang ingin melampiaskan stress yang dia alami di dunia nyata.

 

Gigi rusak

Beberapa orang yang menggeruskan gigi mereka saat tidur sebenarnya sedang ‘mengunyah’ penyebab stress yang mereka temui di hari itu, demikian hasil studi Debbie Mandel, penulis Addicted to Stress: A Woman’s 7-Step Program to Reclaim Joy and Spontaneity in Life. Beberapa orang yang stress tanpa sadar juga sering menggertakkan rahang mereka. Akibatnya, gigi bisa rusak.

 

Perubahan siklus mentruasi

Gara-gara stress, kaum wanita bisa mengalami terlambat datang bulan atau bahkan sama sekali tidak datang bulan. Yang lebih memprihatinkan, menurut Everyday Health, ada beberapa wanita yang sampai mengalami amenorrhea sekunder, yakni berhenti datang bulan secara total. Beberapa wanita yang stress tetap menjalani jadwal rutin datang bulan, namun dengan rasa sakit dan kram dua kali lipat dari biasanya.

 

Rambut rontok atau beruban

Banyak yang bilang kalau uban itu tanda stress dan banyak pikiran, namun ternyata orang yang stress lebih cenderung mengalami kerontokan rambut. Namun bagi orang yang secara genetik memang memiliki kecenderungan rambut putih atau uban, peristiwa traumatis dan stress akan makin mempercepat proses tersebut.

Menurut Mayo Clinic, stress dapat menyebabkan sel darah putih menyerang folikel rambut dan membuatnya berhenti bertumbuh, akibatnya folikel memasuki ‘fase istirahat’. Rambut pun akan rontok saat keramas atau disisir.

 

Sakit perut

Sejauh ini, menurut A.D.A.M Medical Encyclopedia, belum ada hubungan jelas antara stress dan masalah di perut, tapi diperkirakan stress dapat menyebabkan usus lebih sensitif dan makin berkontraksi. Sakit perut ini bahkan bisa memicu masalah perut yang lebih serius, seperti sindrom iritasi usus besar.

 

Bersin terus-menerus

Stress menurunkan sistem kerja sistem imun dan akhirnya membuat kita berisiko terkena flu berlebihan. Sebuah studi menunjukkan, orang-orang yang mengalami stress tingkat tinggi memiliki peluang dua kali lipat terkena flu.

Kortisol, hormon stress, akan menurunkan volume respon inflamasi tubuh yang berfungsi untuk ‘melepaskan energi’ dan melawan penyebab stress. Menurut Sheldon Cohen, Ph.D, profesor psikologi di Carnegie Mellon University, sel-sel imun pada orang stress menjadi kurang sensitif terhadap kortisol. Akibatnya, saat orang itu terkena virus, sangat mudah untuk berkembang menjadi flu.

 

BACA JUGA:

Efek Buruk Stress Bagi Kesehatan

Lima Cara Mudah Hilangkan Stress

5 Makanan Alami Efektif Atasi Stress

Kisah Nyata Baringin Pardosi, Si Pengejar Mimpi

Utang Gaji Riedl Akan Dibayar Nyicil

Hidayat Nur Wahid: Agama Dipermainkan di Nikahan Asmirandah

Boko Haram kepada Orang Kristen Nigeria: Pindah Agama atau Mati!

A True Story of A Man who Forced His Wife and Children To Drink Insecticide

Kisah Nyata Danny Boy, Jadi Psycho Karena Kematian Kakak

A God-Sized Vision: Kebangkitan Rohani Masih Terjadi

Kesengsaraan Memiliki Tujuannya

Mujizat Kesembuhan Terjadi dalam Hidupku

Sumber : HuffingtonPost/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami