Gelar Pahlawan Nasional T.B Simatupang Dirayakan

Nasional / 27 November 2013

Kalangan Sendiri

Gelar Pahlawan Nasional T.B Simatupang Dirayakan

daniel.tanamal Official Writer
6931

Begitu banyak jasa dan karya almarhum T.B Simatupang kepada bangsa Indonesia juga kepada agama yang dianutnya, sehingga sampai saat ini beberapa pemikirannya menjadi dasar bagi toleransi didalam masyarakat. Untuk itulah gelar Pahlawan Nasional yang baru dianugerahkan saat Hari Pahlawan 10 Nopember 2013 lalu menjadi inspirasi bagi banyak pihak.

Gelar pahlawan nasional itulah yang membuat Universitas Kristen Indonesia (UKI), Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), dan Yayasan Del menyelenggarakan Ibadah Syukur Penganugerahan Pahlawan Nasional T.B. Simatupang dan Diskusi Pemikiran-pemikirannya pada Selasa (26/11) di Gedung Lemhanas, Jakarta.

Tokoh nasional yang dikenal luas dengan panggilan Pak Sim ini selalu mengidentifikasikan diri dengan mengutip Rasul Paulus, "Saya adalah orang yang berutang. Dalam cara kita memiliki segala sesuatu itu kita membayar hutang kita dengan melayani sesama kita dan dengan itu kita memuliakan nama Tuhan."

Pak Sim juga meninggalkan beberapa karyanya yang banyak diakui banyak orang. Dirinya merumuskan Sapta Marga yang hingga kini dianut TNI. Pak Sim juga memperjuangkan keesaan gereja hingga munculnya Lima Dokumen Keesaan Gereja, yang hingga kini menjadi acuan gerakan oikoumene di Indonesia.

Bersama Prof. Dr. Mukti Ali, Pak Sim membangun dialog antarumat beragama yang hingga kini mewariskan semangat pluralisme. Selain itu Pak Sim ikut mendorong perumusan secara baru misi memberitakan Injil yang memberi arah baru pada Sidang Raya 1971 di Pematangsiantar, yang hingga kini mewarnai presensia gereja di tengah masyarakat.

 

Baca Juga Artikel Lain:

Dianggap Rasis, Pendeta Boikot Kanye West

Kelompok Mafia Rencanakan Bunuh Paus Fransiskus

Inilah Kelompok Mafia Yang Ancam Bunuh Paus Fransiskus

Anak Indonesia Peringkat Satu Dunia Pengakses Situs Porno

4 Kelebihan Hubungan Seks Yang Sehat

Tidak Ada Izin, Warga Minta Bangunan Gereja Dibongkar

 

 


Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami