Inilah Kelompok Mafia Yang Ancam Bunuh Paus Fransiskus

Inilah Kelompok Mafia Yang Ancam Bunuh Paus Fransiskus

daniel.tanamal Official Writer
5460

Laporan mengejutkan dari Wakil Kepala Jaksa Reggio Calabria, Nicola Gratteri yang menyatakan adanya dugaan usaha dari kelompok mafia di Italia untuk membunuh Paus Fransiskus tentu membuat banyak publik bertanya-tanya mengenai siapa kelompok mafia tersebut.

Gratteri sendiri sempat mengeluarkan nama kelompok tersebut yaitu “Ndrangheta”. Mafia Ndrangheta atau dikenal dengan nama lain “Onorata Societa”, berpusat di Calabria, Selatan Italia. Mereka dikenal lebih “tradisional” dibanding kelompok mafia Italia lainnya yang lebih mendunia yaitu Cosa Nostra dari Sisilia.

Ndrangheta berhasil menjadi sindikat kejahatan paling berkuasa di Italia sejak 1990-an hingga awal 2000-an. Saat ini mereka sudah menjadi ancaman global karena jaringan dan cabang yang menyebar dibeberapa negara besar.

Nama Ndrangheta semakin dikenal ketika mereka menembak mati enam orang Italia di depan Pizzeria Bruno di Duisburg Jerman pada 2007 silam. Dugaan awal menyebut kejadian itu terjadi akibat rivalitas diantara para kelompok mafia dalam menguasai daerah perdagangan mereka di Calabria.

Bidang pekerjaan mereka meliputi perdagangan narkoba, pemerasan dan pencucian uang. Organisasi rahasia ini juga memiliki kekuatan besar untuk merusak kegiatan sektor publik hingga mengalihkan dana publik. Salah satu tempat dimana mereka biasa melakukan praktek cuci uang dan investasi adalah dengan melibatkan para oknum pejabat Bank Vatikan.

Kehadiran Paus Fransiskus yang kini tengah membongkar kebobrokan, korupsi dan manipulasi di sektor ekonomi Vatikan, disebut oleh Gratteri membuat petinggi Ndrangheta ketar-ketir. Untuk itu dugaan adanya rencana pembunuhan terhadap Paus Fransiskus jelas tidak aneh. "Seorang penembak dari kelompok mafia Ndrangheta akan berdoa dan mencium Rosario miliknya sebelum menembak seseorang," ucap Gratteri.

Inilah salah satu momen bersejarah dimana pemimpin agama yang sedang membersihkan umatnya dari korupsi mendapat ancaman dari kelompok mafia yang ingin terus berkuasa. Bukan hanya Vatikan, di Indonesia pun telah lama para “mafia-mafia” mempermainkan perekonomian negara. Pertanyaannya, adakah pemimpin di Indonesia yang mau mengikuti jejak Paus Fransiskus? Semoga saja ada..

 


Baca Juga Artikel Lain:

Kelompok Mafia Rencanakan Bunuh Paus Fransiskus

Anak Indonesia Peringkat Satu Dunia Pengakses Situs Porno

4 Kelebihan Hubungan Seks Yang Sehat

Tidak Ada Izin, Warga Minta Bangunan Gereja Dibongkar



Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Daniel Tanamal

Ikuti Kami