Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes
Sumber: google.com

Fit & Charming / 15 November 2013

Kalangan Sendiri

Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Lois Official Writer
10456

Penderita diabetes harus berpikir dua kali sebelum meneguk minuman selain air putih karena harus mempertahankan berat badan serta kadar gula darah. Minuman soda, beralkohol, dan minuman berenergi sudah jelas harus dihindari. Namun, ternyata ada beberapa minuman yang tampak menyehatkan juga harus dihindari. Berikut ini minuman-minuman tersebut :

Jus Buah. Segelas jus buah ukuran 237 ml mengandung 30 gram karbohidrat, 20 gram gula, dan 100 kalori. Jika ingin minum jus buah, minumlah jus buah tanpa tambahan gula 100%.

Kopi. Meskipun sebagian penderita diabetes tidak merasakan efeknya, namun ada juga yang meningkat kadar gulanya meskipun yang diminum kopi hitam. Penambahan krim dan gula hanya akan memperburuk.

Coklat. Jika dikonsumsi berlebihan, minuman coklat juga bisa meningkatkan tekanan darah dan menaikkan berat badan.

Susu. Minuman susu ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), memperparah inflamasi, dan memperburuk resistansi insulin pada tubuh. Susu skim bisa jadi pilihan yang lebih baik karena kandungan lemak jenuhnya jauh lebih sedikit.

Teh Manis. Teh tanpa gula dapat membantu mencegah penyakit jantung dan diabetes tipe 2, namun menambahkan gula pada teh menyebabkan tekanan darah meningkat dan berefek buruk.

Soda. Satu sajian soda setara dengan mengkonsumsi 10 sendok teh gula. Tentu hal ini sangat berbahaya karena berat badan naik, memperparah inflamasi dan resistensi insulin, juga resiko penyakit jantung lebih tinggi.

Minuman Beralkohol. Minuman ini memberikan asupan kalori tanpa menambah nutrisi. Alkohol juga menaikkan kadar gula darah dan dapat mengganggu kerja obat diabetes.

Minuman Berenergi. Minuman ini banyak mengandung kafein, gula, dan kalori. Konsumsi kafein dan taurine sekaligus dapat meningkatkan tekanan darah dan mempercepat denyut jantung.

Selain minuman-minuman ini harus dihindari, jangan lupa untuk merawat kaki karena kaki rentan luka dan membusuk. Kaki harus dirawat sehari-hari, pakai alas kaki yan tepat seperti yang toe box atau bagian depannya luas dan cukup menampung kaki. Pastikan juga kaos kakinya lunak sehingga bisa mengakomodasi struktur kaki. Kalau perlu, gunakan kaos kaki secara terbalik, supaya jahitannya tidak menimbulkan tekanan. Semoga bermanfaat.

 

Baca juga :

Cara Memilih Mangga yang Manis

Latihan Fisik yang Dapat Sembuhkan Osteoporosis

Belajar Dari Yakub, Seorang Penipu yang Menjadi Terberkati

Semut dan Belalang di Negeri Serangga

Mau Langsing Setelah Melahirkan? Ini Caranya

Artis di Dunia Politik dan Perselingkuhan

Ciri Orangtua yang Jadi Sahabat Anak

Soekarno, Pejuang Kemerdekaan dengan Segala Romansanya

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami